Penulis Utama : Muhamad Fauzi Witarsaputra
NIM / NIP : D1114017
×

ABSTRAK

Pendidikan sejak dini merupakan sebuah instrumen penting dalam memciptakan sebuah generasi unggul. Anak adalah salah satu generasi penerus yang perlu mendapatkan sebuah pendidikan yang baik sejak dini karena merekalah yang kelak akan menjadi penerus membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Dalam rangka realisasi kebijakan terkait dengan Pendidikan sejak Dini Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga melakukan tindakan yaitu melalui Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Surakarta apakah sudah berjalan dengan efektif atau tidak terkait dengan pelaksanaan Pengembangan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan mengaji dokumen. Teknik pengambilan data menggunakan purposif sampling, sedangkan validitas data menggunakan trianggulasi sumber, membandingkan dan mengecek derajat keabsahan satu informasi dari berbagai sumber yan berbeda hingga data yang sejenis bisa teruji kemantapan dan kebenarannya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis model interaktif.
Ada 4 Indikator Penilaian berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini : 1) Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak 2) Standar Isi Proses dan Penilaian 3) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 4) Standar Sarana Prasarana Pengelolaan dan Pembiayaan.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Surakarta sudah berjalan dengan baik dan efektif tetapi kekurangan masih ditemukan kekurangan dan hambatan dalam pelaksanaanya terkait dengan Pendidik Tenaga Kependidikan dan juga Sarana dan Prasarana. Terkait dengan kekurangan tersebut perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak pihak yang terlibat di dalam pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini tidak hanya Dinas Pendidikan Pendidikan Pemuda dan Olah Raga saja tetapi juga pihak pihak yang lain pun perlu ikut terlibat untuk bisa mengatasi kekurangan tersebut.


Kata Kunci : Efektifitas, Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan

 

×
Penulis Utama : Muhamad Fauzi Witarsaputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114017
Tahun : 2017
Judul : Efektifitas Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Dalam Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, D1114017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto S.Sos.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.