Penulis Utama : Yossy Widyasto
NIM / NIP : D0109088
×

Pangan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan begitu pula tentang ketersediaannya, seperti yang kita ketahui banyak daerah-daerah khususnya di Negara Indonesia sudah mengalami krisis pangan. Berdasarkan isu permasalahan tersebut pemerintah mulai berfikir untuk memperoleh ketahanan pangan di Indonesia dengan membuat program percontohan pertanian modern. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan program percontohan pertanian modern.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah narasumber pengurus Gapoktan, Kepala Dinas Pertanian, serta dokumen dan arsip. Validasi data menggunakan model triangulasi sumber data. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa penerapan program percontohan pertanian modern di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo sudah di implementasikan dengan baik, dapat dilihat dari segi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi yang berjalan dengan apik, juga para petani sudah menyesuaikan diri dengan alat modern yang di terapkan disana, namun ditemukan juga beberapa kendala dibeberapa aspek yang patut untuk ditindak lanjuti, seperti regenerasi, pengarahan dan pemanfaatan limbah.
Kata kunci : Implementasi, Gapoktan “Tani Mandiri”, Percontohan Pertanian Modern

 

×
Penulis Utama : Yossy Widyasto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0109088
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Program Percontohan Pertanian Modern Oleh Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Tani Mandiri Di Desa Dalangan Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, D0109088-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://Faizatul Ansoriyah, S.Sos., Msi
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.