Penulis Utama : Dewi Rosita
NIM / NIP : C0212020
×

Abstrak


Dewi Rosita. C0212020. 2017. Kohesi Gramatikal dan Leksikal Pada Wacana di Fanspage Facebook Tere Liye. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah kohesi gramatikal pada wacana di fanspage facebook Tere Liye; dan (2) Bagaimanakah kohesi leksikal pada wacana di fanspage facebook Tere Liye.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kohesi gramatikal pada wacana di fanspage facebook Tere Liye; dan (2) Mendeskripsikan kohesi leksikal pada wacana di fanspage facebook Tere Liye.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah  fanspage facebook  Tere  Liye  edisi  1-7  Agustus  2016.  Data penelitian berupa wacana yang mengandung unsur kohesi gramatikal dan leksikal pada fanspage facebook Tere Liye. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung) dengan teknik lanjutan teknik lesap, teknik ganti, teknik  ubah  ujud  yang  parafrasal,  dan  teknik  ulang.  Teknik  penyajian  hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal.

Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa wacana pada fanspage facebook  Tere  Liye  adalah  sebuah  wacana  yang  padu  karena  didukung  oleh peranti kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Dalam wacana ini ditemukan empat peranti kohesi gramatikal yaitu referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Peranti kohesi gramatikal yang paling dominan ialah referensi. Selain itu, dalam wacana pada fanspage facebook Tere Liye ditemukan pula kohesi leksikal yaitu repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi. Peranti kohesi leksikal yang paling dominan ialah repetisi.

Kata Kunci : Kohesi, Kohesi Gramatikal, Kohesi Leksikal

×
Penulis Utama : Dewi Rosita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212020
Tahun : 2017
Judul : Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Wacana di Fanspage Facebook Tere Liye
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAk. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. S1 Sastra Indonesia-C0212020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.