Penulis Utama : Didik Pramono
NIM / NIP : C0212022
×

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah struktur kelas atas yang dominan dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye dan ideologi- ideologi dalam masyarakat yang memihak kelas atas untuk menguasai struktur sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kelas atas yang dominan dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye dan mendeskripsikan ideologi dalam masyarakat yang memihak kelas atas untuk menguasai struktur ekonomi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori negara kelas marxis karena di dalam narasi novel, syarat akan penguasaan kelas atas pada struktur sosial masyarakat. Melalui analisis novel ini dapat dilihat   kelas atas mendominasi struktur sosial, melakukan kongsi-kongsi politik, dan bekerja sama dengan negara dalam upayanya melanggengkan kekuasaan.
Metode  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode  kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dialektika Karl Marx. Goldman berpendapat bahwa kerangka berpikir secara dialektik mengembangkan dua unsur  yaitu bagian  keseluruhan, dan bagian  penjelasan. Setiap  fakta atau gagasan yang ada, ditempatkan pada keseluruhan atau kesatuan makna akan dapat dipahami dengan fakta atau gagasan yang membangun keseluruhan makna tersebut. Teknik analisis dialektika dalam hal ini adalah hubungan timbal balik antara   struktur   karya   sastra   yang   materialisme   historis   dan   subjek   yang melahirkan karya sastra. Adapun secara singkat Grebstein mengungkapkan masyarakat dapat mendekati sastra dari dua arah: (a) sebagai faktor material istimewa, (b) sebagai tradisi. Objek formal penelitian ini adalah kelas-kelas yang dominan  dalam  struktur  ekonomi    yang  terdapat  dalam  novel  tersebut  dan ideologi-ideologi di masyarakat yang memihak kelas atas dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Kelas atas mendominasi struksur sosial. Bentuk-bentuk dominasi kelas atas di struktur sosial adalah penguasaan ekonomi dan politik, leluasanya kelas atas melakukan kongsi politik, dan berpihaknya negara kepada kelas atas; (2) Dalam upayanya melanggengkan kekuasaan, kelas atas juga menanamkan ideologi-ideologi pada struktur sosial. Sudah menjadi ciri kelas atas untuk membuat kekuasaan mereka tidak dapat tergoyahkan, dengan menanamkan pemikiran bahwa kepentingan-kepentingan  yang mereka lakukan diatasnamakan sebagai kepentingan negara.

×
Penulis Utama : Didik Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212022
Tahun : 2017
Judul : Kelas-Kelas Dominan pada Struktur Ekonomi Indonesia dalam Novel Negeri para Bedebah Karya Tere Liye: Analisis Marxisme
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAk. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. S1 Sastra Indonesia-C0212022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bagus Kurniawan, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.