Penulis Utama : Roni Wisono
NIM / NIP : C0211036
×

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah fakta cerita dalam kumpulan cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku yang meliputi empat cerpen yaitu: “Sepotong Senja untuk Pacarku”, “Tukang Pos dalam Amplop”, “Jawaban Alina”, “Rumah Panggung di Tepi Pantai”? (ii) Bagaimanakah sarana cerita dalam dalam kumpulan cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku  yang meliputi empat cerpen  yaitu: “Sepotong Senja untuk Pacarku”, “Tukang Pos dalam Amplop”, “Jawaban Alina”, “Rumah Panggung di Tepi Pantai”? (iii) Bagaimanakah tema dalam dalam kumpulan cerpen Sepotong Senja untuk  Pacarku  yang  meliputi  empat  cerpen  yaitu:  “Sepotong  Senja  untuk Pacarku”,  “Tukang  Pos  dalam  Amplop”,  “Jawaban  Alina”,  dan     “Rumah Panggung di Tepi Pantai”?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek material dari penelitian ini adalah Kumpulan Cerpen   Sepotong Senja untuk Pacarku karya Seno Gumira Ajidarma. Adapun objek formal unsur-unsur struktural,  berupa  fakta  cerita,  sarana  cerita  dan  tema.  Sumber  data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku Kumpulan Cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku karya Seno Gumira Ajidarma,   Gramedia Pustaka Utama. Tahun terbit cetakan pertama tahun 2002, cetakan ke-2 tahun 2016 jumlah halaman 220. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata, frase, klausa, kalimat atau paragraf yang mendeskripsikan fakta cerita, sarana cerita, dan tema yang terdapat dalam buku Sepotong Senja untuk Pacarku karya Seno Gumira Ajidarma. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Data yang telah dikumpulkan   kemudian   diolah.   Teknik   analisis   data   dalam   penelitian   ini dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis  Sepotong Senja untuk Pacarku, maka dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut.

Fakta cerita  dalam kumpulan cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku. Fakta dalam sebuah cerita mengandung sebab-akibat yang terurai di setiap kejadian-kejadian dalam sebuah cerita. Dari keseluruhan struktur cerpen yang diteliti, fakta cerita menjelaskan bagaimana pembaca didorong untuk memercayai cerita dan mencoba mengesampingkan cerita-cerita yang bersifat imajinasi. Sehingga, pembaca lebih mudah untuk mencari makna yang ingin pengarang sampaikan. Karya-karya Seno bersifat surealis, maka membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat mengerti atau menangkap makna yang hendak disampaikan pengarang. Dari sinilah pemahaman fakta cerita diperlukan untuk mejelaskan kejadian-kejadian yang nyata dalam sebuah cerita.

Sarana  cerita  meliputi  judul,  sudut  pandang,  gaya  dan  tone  dalam  kumpulan cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku. Sarana sastra dapat diartikan sebagai metode yang digunakan pengarang untuk memilih dan menyusun detail cerita agar tercapai  pola-pola  yang  bermakna.  Dalam  kumpulan  cerpen  ini  pengarang mencoba menggunakan strukur sarana sastra yang menarik bagi pembaca. Dapat
 

kita ketahui bahwa judul Sepotong Senja untuk Pacarku merupakan judul yang menarik dan unik. Dari sini pengarang bermaksud memengaruhi reaksi pembaca dengan struktur sarana sastra.

Tema dalam kumpulan cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku merupakan makna dari konflik-konflik dalam cerita. Makna tersebut adalah gambaran dari problematika yang dialami oleh manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tema merupakan gagasan utama yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui sebuah cerita dengan menggunakan fakta dan sarana cerita.

×
Penulis Utama : Roni Wisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0211036
Tahun : 2016
Judul : Analisis Fakta Cerita, Sarana Sastra, dan Tema dalam Kumpulan Cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAk. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. S1 Sastra Indonesia-C0211036-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiranta, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.