Penulis Utama : Larasati Nourmalita Devi
NIM / NIP : C0212040
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk bahasa transaksi yang ada di Tokopedia.com; (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk pematuhan dan pelanggaran yang terdapat dalam Tokopedia.com terhadap teori prinsip kerja sama Grice; dan (3) Mendeskripsikan penyebab terjadinya pelanggaran dalam bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah toko online yang ada di media sosial yaitu Tokopedia.com  yang  diambil  pada  bulan  Januari  2016  hingga  Maret  2016.  Data dalam penelitian ini adalah percakapan yang didalamnya terdapat kalimat tuturan- tuturan yang mencerminkan penerapan prinsip kerja sama dalam bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com beserta konteksnya. Pemerolehan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode heuristik dan kontekstual.

Dari analisis “Prinsip Kerja Sama dalam Bahasa Transaksi Jual Beli Online di Tokopedia.com (Sebuah Tinjauan Pragmatik)”, dapat disimpulkan beberapa hal : (1) Bentuk bahasa transaksi pada jual beli online di Tokopedia.com ditemukan berbagai macam panggilan sapaan yang digunakan. Bentuk bahasa transaksi tersebut yaitu : Sist, Bro, Gan, Bos, Mas, Mbak, Pak, Buk, Kak.

(2) Bentuk prinsip kerja sama yang terdapat dalam bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com ditemukan empat jenis pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama yaitu, maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara.
(3) Alasan terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama pada bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com ditemukan dalam masing-masing maksim pelanggaran prinsip kerja sama, yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara.


Kata Kunci : Prinsip Kerja Sama dan Bahasa Transaksi Jual Beli Online

×
Penulis Utama : Larasati Nourmalita Devi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212040
Tahun : 2016
Judul : Prinsip Kerja Sama dalam Bahasa Transaksi Jual Beli Online di Tokopedia.com (Sebuah Tinjauan Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAk. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. S1 Sastra Indonesia-C0212040-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Qommaruddin, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.