Penulis Utama : Hairul Nizhom
NIM / NIP : S831402037
×

Abstrak

Pembelajaran Fisika yang di terapkan di SMA 4 Madiun belum mengunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang mengarahkan siswa belajar mandiri dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendesain rancangan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis, 2) Menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis yang layak digunakan, 3) mengimplementasiksan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Metode penelitian dan pengembangan menggunakan Research and Development (R&D), model penelitian dan pengembangan menggunakan 4D Thiagarajan dengan tahap: define, design, develop, dan disseminate. Sampel penelitian yaitu kelas X di SMA Negeri 4 Madiun. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar validasi dan soal pretest dan post test. Analisis hasil angket, kelayakan dan hasil observasi dianalisis dengan diskriptif kualitatif berdasarkan skor kriteria.
Hasil penelitian: 1) Modul pembelajaran fisika telah didesain dengan tahapan pembelajaran inkuiri terbimbing  yaitu:  Orientasi, Merumuskan masalah, Merumuskan hipotesis, Mengumpulkan data, Menguji hipotesis dan Merumuskan kesimpulan. untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. 2) Modul memenuhi kriteria layak dari hasil validasi materi, media, praktisi pendidikan dan teman sejawat. Nilai rata-rata lebih besar dari nilai minimum kelayakan dengan katagori sangat baik. 3) Implementasi modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan pengujian lapangan di SMA Negeri 4 Madiun dimana katagori berfikir kritis sebelum menggunakan modul tergolong kurang kritis dan sesudah menggunakan modul terjadi peningkatan menjadi cukup kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga dapat dilihat dari hasil perhitungan N-gain menunjukkan nilai dalam kategori sedang.

Kata Kunci : Modul Fisika, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

×
Penulis Utama : Hairul Nizhom
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831402037
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA/MA Kelas X pada Materi Listrik Dinamis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi S2 Pendidikan Sains-S831402037-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.