Penulis Utama : Prihatin Basuki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengujian efisiensi pasar modal di Indonesia (event study pengumuman right issuedi Bursa Efek Jakarta tahun 1996-2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100049-2004
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui kandungan informasi dalam peristiwa pengumuman right issue. 2).Untuk mengetahui reaksi pasar terhadap peristiwa pengumuman right issue. 3). Untuk mengetahui perbedaan reaksi pasar pada perusahaan besar, sedang dan kecil terhadap peristiwa pengumuman right issue. 4). Untuk mengetahui perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman right issue antara sebelum dan sesudah krisis ekonomi. 5).Untuk mengetahui efisiensi pasar Bursa Efek Jakarta bentuk setengah kuat secara informasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan event study (studi peristiwa) dengan melihat abnormal return selama periode peristiwa. Penghitungan expected return saham dilakukan dengan market adjusted model. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 108 perusahaan yang melakukan right issue pada tahun 1996-2003. teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian abnormal return dengan uji t, level of significance 1%, 5%, 10%.

Berdasarkan perhitungan uji t yang dilakukan dengan bantuan software microsoft excel diketahui bahwa terdapat abnormal return signifikan yang terjadi pada hari t-10, t+1, t+2, t+3 dan t+8 ini menandakan bahwa pengumuman right issue mempunyai kandungan informasi. Dilihat dari AARt yang hampir semuanya negatif dan juga CAARt yang rata-rata negatif maka hasil ini menunjukkan bahwa para pelaku pasar merespon negatif adanya pengumuman right issue.

Uji F (one way anova) dilakukan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara perusahaan yang dengan ukuran perusahaan kecil, sedang besar, juga perusahaan yang melakukan right issue sebelum dan sesudah masa krisis ekonomi. Pengelompokkan ukuran perusahaan dilakukan menggunakan analisis quick cluster berdasarkan Ln total aset perusahaan yang menjadi sampel. Hasil uji F dengan bantuan software SPSS for windows seri 11.0 menunjukkan bahwa secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan reaksi pasar yang signifikan untuk perusahaan kecil, sedang dan besar yang ditunjukkan dengan ρ value 0.866>0.05. Untuk reaksi pasar sebelum dan sesudah krisis hasil pengujian menunjukkan bahwa ρ value 0.282 > 0.05 dengan demikian maka tidak terdapat perbedaan reaksi pasar yang signifikan antara sebelum krisis dan selama krisis ekonomi.

Adanya abnormal return setelah pengumuman right issue terutama pada hari t+1, t+2, t+3 menunjukkan bahwa reaksi pasar untuk mencapai harga keseimbangan baru termasuk lama dan berkepanjangan sehingga dapat disimpulkan bahwa pasar modal Indonesia belum mencapai efisien setengah kuat secara informasi.

Kata Kunci: Event Study, Right Issue, Market Adjusted Model, Abnormal Return

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis