Penulis Utama : Frido Tyastomo
NIM / NIP : H1815015
×

ABSTRAK

Membangun kemandirian ekonomi melalui kewirausahaan merupakan suatu hal yang penting. Suatu negara dikatakan mampu mengembangkan negaranya apabila memiliki wirausaha sebanyak dua persen dari jumlah penduduk (Alma, 2011). Jumlah penduduk Indonesia tahun 2016 mencapai 225 juta dengan tingkat pengangguran sebanyak 7 juta atau 5,7 persen (BPS, 2016). Untuk mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan potensi wirausaha pemerintah telah mencanangkan Program Gerakan Nasional (GKN) yang diklaim telah berhasil meningkatkan persentase wirausaha sebanyak 1,65 % pada tahun 2015. Kota Surakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai potensi untuk meningkatkan potensi wirausaha melalui pendekatan karakteristik wirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta.
Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Kota Surakarta karena tingkat konsumsi daging selalu meningkat setiap tahun berdasarkan Data Permintaan Daging Kota Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 58 pengusaha yang ditentukan melalui metode sensus. Data dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan model SEM dengan pendekatan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakteristik wirausaha yang dimiliki oleh pengusaha pemotongan ayam ras pedaging di Kota Surakarta yaitu berorientasi tugas dan hasil 56 %, pengambil resiko sebesar 56 %, berorientasi masa depan 55_%, dan orisinalitas sebesar 50 %. (2) Karakteristik wirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta, artinya karakteristik wirausaha yang kuat akan meningkatkan kinerja usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta. (3) Karakteristik wirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi wirausaha pada usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta, artinya karakteristik wirausaha yang kuat akan meningkatkan kompetensi wirausaha pada usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta. (4) Kompetensi wirausaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta, artinya kompetensi wirausaha tidak akan mempengaruhi tingkat kinerja usaha yang dihasilkan pada usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta.
Berdasarkan penelitian mengenai pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta, maka saran yang disampaikan sebagai berikut: (1) Meningkatkan karakteristik wirausaha yang telah terbukti berdampak positif terhadap kinerja usaha pemotongan ayam yaitu berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil risiko, berorientasi masa depan dan keorisinilitas karena telah terbukti dapat meningkatkan volume penjualan dan  pendapatan usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta. (2) Kompetensi peluang, kompetensi relasi, dan kompetensi organisasi dapat ditingkatkan melalui penguatan karakteristik wirausaha, karena kompetensi wirausaha telah terbukti dapat meningkatkan kinerja usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta. (3) Meningkatkan kompetensi teknis melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan pada usaha pemotongan ayam karena usaha pemotongan ayam di Kota Surakarta sebagian besar 69 ?alah skala usaha kecil yaitu produksi 15 sampai 500 ekor perhari. Setelah usaha yang dijalankan mengalami peningkatan skala usaha yang besar maka diperlukan kompetensi manajemen seperti yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kompetensi peluang, kompetensi relasi, dan kompetensi organisasi.

 

×
Penulis Utama : Frido Tyastomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815015
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Karakteristik Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha Pemotongan Ayam Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Program Studi Agribisnis, H1815015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R.R. Aulia Qonita, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.