Penulis Utama : Arum Fitri Indraswari
NIM / NIP : D1414009
×

Abstrak

Semakin berkembangnya teknologi dibidang komunikasi dan informasi, semakin membuat masyrakat dewasa ini sadar akan pentingnya sebuah pemberitaan. Hal inilah yang membuat mereka selektif dalam melihat tayangan berita. Tentunya tayangan berita dari stasiun televisi yang mempunyai kredibilitas berita yang tinggi, tanpa memihak atau terikat  oleh  kepentingan  pihak  lain.  Karena  itulah,  divisi  pemberitaan  khususnya pemimpin redaksi, harus independen dari kepentingan-kepentingan pribadi pemilik atau pemegang saham televisi.

Sejak mengudara pada 11 Januari 1995, Indosiar hadir dengan tagline nya ” Memang Untuk Anda ” dengan tujuan agar Indosiar selalu dekat dengan masyarakat melalui tayangan program-program menarik yang semata-mata memuaskan keinginan mereka. Ini merupakan wujud segmentasi yang ingin dicapai Indosiar untuk semuanya, artinya siaran Indosiar diperuntukan bagi segala usia dan lapisan masyarakat. Indosiar memang bukan televisi berita, dengan sebagian besar jam siarnya merupakan tayangan program berita. Namun, dengan dua program berita yang dimilikinya yaitu Patroli dan Fokus, Indosiar selalu menyajikan berita yang hangat, aktual dan terpercaya kepada masyarakat. Program Patroli dengan mengangkat berita-berita kriminal dan kejahatan, yang kemudian di akhir segmennya menayangkan sidak dari Jeng Patrol. Sedangkan program Fokus dengan berita-berita harian yang ringan dengan sisipan segmen-segmen menarik seperti Fokus Kasus dan Yuk Selfie.

Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media ini, Penulis berkesempatan untuk bergabung di  Indosiar  dalam divisi  News  Production  selama  3  bulan, terhitung dari tanggal 12 Februari s/d 13 Mei 2017. Selama di News Production, Penulis mengambil konsentrasi sebagai Reporter serta membuat naskah liputan.

Reporter merupakan ujung tombak dalam pemberitaan, oleh karena itu tugas dan peran  yang  di  embannya  juga  sangat  besar.  Sebagai  produser  dalam  penugasannya bersama juru kamera, Reporterlah yang menjadi penanggung jawab atas berita yang telah ia liput. Menjaga kekompakan dan komunikasi dengan tim sangatlah penting, karena meliput sebuah kejadian atau peristiwa, itu bukan kerja individu melainkan kerja tim.

Melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan kesempatan serta pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk bisa mempraktikkan ilmu yang telah didapat selama diperkuliahan. Bahkan bisa menjadi pembanding antara teori yang diperkuliahan dengan realita yang didapatkan selama melaksanakan KKM. Melalui kegiatan kuliah kerja media inilah penulis dapat mengetahui proses peliputan sebuah berita ditelevisi sebelum disiarkan kepada pemirsa. Selain itu, penulis juga mengetahui bagaimana peran dan tugas seorang Reporter.

Kata Kunci : Televisi, Indosiar, Kuliah Kerja Media, Reporter

×
Penulis Utama : Arum Fitri Indraswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414009
Tahun : 2017
Judul : Peran dan Tugas Reporter Terkait dengan Kredibilitas Berita dalam Program Patroli dan Fokus Sore Indosiar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1414009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan S.Sos, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.