Penulis Utama : Yustina Ega Kustika
NIM / NIP : D1414067
×

Abstrak

Kegiatan Kuliah Kerja Media ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi program City Life di SBO TV Surabaya dan juga sebagai sarana menambah wawasan serta keterampilan dalam dunia penyiaran.

Proses produksi program City Life diawali dengan perencanaan dan persiapan  yaitu,  reporter  mencari  berita  mengenai  lifetstyle  di  Surabaya  dan daerah sekitarnya serta membuat naskah berita. Setelah itu, Produser bertugas untuk memilih berita apa saja yang akan ditayangkan dalam program City Life. Kemudian, berita-berita yang sudah dipilih akan disusun Produser dan Asisten Produser dalam sebuah rundown acara. Pada saat proses produksi program City Life, cameraman mengambil gambar secara baik dan benar sehingga tayangan dapat menarik minat audien. Sementara itu, Produser mengawasi jalannya proses produksi program City Life dan memberi arahan langsung pada crew dan Asisten Produser.  Dalam  proses  produksi,  Asisten  Produser  dapat  bertugas  sebagai operator  promter,  operator  telephone  interaktif  dalam  quiz  dan  membantu Produser mengarahkan talent sesuai dengan rencana Produser. Pada proses pasca produksi adalah dengan preview tayangan yang telah disiarkan dan mengevaluasi kegiatan pra produksi dan produksi.

Dengan adanya program City Life ini diharapkan audien dapat mengetahui informasi-informasi terbaru mengenai lifestyle yang ada di Surabaya dan daerah sekitarnya. City Life berupaya untuk menarik minat audien agar menyaksikan program City Life dengan mengadakan quiz berhadiah menarik. Kemudian City Life juga menyajikan laporan langsung dari lokasi kejadian atau tempat diadakannya event-event menarik di kota Surabaya. Segment yang menjadi daya tarik terbesar dalam program ini adalah interaksi secara live dengan VOA Indonesia di Washington DC.

Dalam Kuliah Kerja Media, penulis menjalankan tugas sebagai Asisten Produser   pada   program   City   Life.   Diantaranya   penulis   bertugas   untuk berkoordinasi dengan reporter mengenai berita yang masuk ke redaksi, membuat naskah  berita,  rundown  acara,  dan  ikut  membantu  dalam  kegiatan  produksi didalam studio seperti menjadi operator promter, operator telephone dalam quiz, maupun pengawas produksi saat Produser tidak dapat bertugas saat live. Kegiatan ini menjadi bermanfaat bagi penulis karena memperoleh pengalaman dalam dunia kerja di bidang broadcasting.

Kata Kunci : Asisten Produser, News, City Life

×
Penulis Utama : Yustina Ega Kustika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414067
Tahun : 2017
Judul : Peran Asisten Produser dalam Program City Life di SBO TV Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1414067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan S.Sos, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.