Penulis Utama : Ichsan Setiadi
NIM / NIP : D1614042
×

Abstrak

Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, yang beralamat di Jalan dr. Cipto Nomor 64, Semarang. KKM dilaksanakan penulis selama kurang lebih dua setengah bulam, dimulai dari tanggal 15
Februari 2017 sampai dengan 28 April 2017. Pelaksanaan KKM ini bertujun untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan penulis selama di bangku perkuliahan dan sebagai syarat  unutk  memenuhi  Tugas  Akhir Diploma  III Komunikasi  Terapan  Ilmu  Sosial  dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pengertian Kegiatan Hubungan Masyarakat atau sering disingkat Humas dapat diartikan praktek mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi/ instansi kepada masyarakat/ publik. Humas di lingkungan pemerintahan bukan hanya berfungsi sebagai juru bicara pemerintah saja. Lebih dari itu, humas dalam berbagai hal harus juga berfungsi sebagai pelayanan publik, terutama yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah. Peran humas di lingkungan pemerintah, baik di pusat maupun di daerah selama ini belum berfungsi secara optimal. Hal demikian dikarenakan beberapa kendala diantaranya struktur dan kultur organisasi humas yang masih lemah di sebagian besar instansi pemerintahan. Untuk menyikapi hal itu, maka diperlukan peningkatan fasilitas pelancaran arus informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya, meningkatkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi dan peningkatan profesionalisme pejabat humas pemerintah. Untuk itu peningkatan informasi melalui media sosial sangat dibutuhkan untuk menciptakan citra positif .

Melalui peran human dengan memanfaatkan media sosial sebagai upaya publikasi mampu menciptakan hubungan baik dengan masyarakat serta dapat meningkatkan kepercayaan publik yang memandang sebelah mata kinerja dari humas pemerintah.

Selama   melaksanakan   KKM,   penulis   melakukan   kegiatan   antara   lain   adalah monitoring media, arsip surat masuk dan keluar, editing video, liputan dan dokumentasi,pembuatan produk kehumasan, mengelola sosial media (Facebook dan Twitter) serta Websi.

Berdasarkan  seluruh  kegiatan  KKM  yang  telah  dilaksanakan  oleh  penulis,  maka Tugas Akhir ini diberi judul   “Peran Humas Dalam Menyampaikan Informasi & Kegiatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Melalui Media Sosial”.

Kata Kunci : Peran humas menyampaikan informasi dan kegiatan melalui media sosial

×
Penulis Utama : Ichsan Setiadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1614042
Tahun : 2017
Judul : Peran Humas dalam Menyampaikan Informasi dan Kegiatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Melalui Media Sosia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-FAk. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1614042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Budi Kus Handaryati,SE,MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.