Penulis Utama : Ira Putri Wahyuni
NIM / NIP : H0813087
×

ABSTRAK

Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang memiliki dua sisi budaya. Warisan budaya tradisional yang masih sangat kental dijalankan di kota yang memiliki julukan The Spirit Of Java ini dapat berjalan berdampingan dengan proses modernisasi yang ada. Keunikan inilah yang membuat para wisatawan sangat tertarik untuk berkunjung ke Kota Surakarta. Selain banyaknya bangunan-bangunan tua yang ada, Kota Surakarta juga erat kaitannya dengan kekayaan kuliner yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Salah satu kuliner yang menjadi ciri khas dari Kota Surakarta adalah Serabi. Serabi merupakan makanan sejenis pancake yang dibuat dari tepung beras, santan, gula, garam, soda kue dan daun pandan sebagai pemberi aroma. Hidangan ini dimasak dengan cara yang masih tradisional yaitu menggunakan tungku api dengan arang sebagai bahan bakarnya. Produsen sekaligus penjual serabi yang terkenal di Kota Surakarta salah satunya adalah Srabi Notosuman yang berada di daerah Notosuman. Srabi Notosuman telah berdiri sejak tahun 1923 dan dirintis oleh pasangan Hoo Gek Hok dan Tan Giok Lan. Saat ini terdapat dua took yang menjual serabi di daerah Notosuman, yaitu Srabi Notosuman Nyonya Handayani dan Serabi Notosuman Nyonya Lidya. Kedua toko tersebut merupakan keturunan dari Hoo Gek Hok dan Tan Giok Lan. Toko Srabi Notosuman dapat dikatakan sebagai tempat tujuan pertama para pemburu kuliner serabi di Kota Surakarta. Konsumen seperti sudah memiliki anggapan bahwa kata “Serabi” memang berkaitan erat dengan Notosuman. Sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa merek “Srabi Notosuman” sudah memiliki tempat tersendiri dihati masyarakat sebagai konsumen. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti dengan mengetahui variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen produk serabi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang diduga mempengaruhi dan dominan mempengaruhi kepuasan konsumen produk serabi di Kota Surakarta yang ditawarkan Srabi Notosuman. Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dimana peneliti menentukan sampel berdasarkan faktor spontanitas. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang responden. Data yang didapatkan dari kuisioner berupa tanggapan responden mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa 3 variabel bebas berupa citra merek, kualitas produk, dan harga mempengaruhi kepuasan konsumen produk serabi yang ditawarkan Srabi Notosuman secara simultan dan parsial. 2 variabel bebas tambahan berupa usia dan pendapatan juga terbukti mempengaruhi kepuasan konsumen produk serabi yang ditawarkan Srabi Notosuman. Variabel harga merupakan variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen poduk serabi apabila dibandingkan dengan variabel bebas lainnya.
Saran yang dapat diberikan adalah Srabi Notosuman harus terus menjaga citra baik dari merek Srabi Notosuman, harga, dan kualitas produk serabi yang ditawarkan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan kepuasan konsumen yang melakukan pembelian terhadap produk serabi yang ditawarkan. Sehingga konsumen akan memiliki kepercayaan yang semakin tinggi terhadap Srabi Notosuman. 2. Untuk variabel harga selaku variabel yang dominan sebaiknya tetap dijaga kestabilannya dan tetap sebanding dengan kualitas yang ditawarkan Srabi Notosuman.

 

×
Penulis Utama : Ira Putri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813087
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Serabi Di Kota Surakarta (Studi Kasus Pada Konsumen Srabi Notosuman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Jurusan Program Studi Agribisnis, H0813087-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Joko Sutrisno, MP.
2. Dr. Agr. Sc. Ernoiz Antriyandarti, SP., MP., M.Ec.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.