Penulis Utama : Bagus Priyambodo
NIM / NIP : K7113043
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan mengklasifikasi pada siswa kelas II SDN di Surakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan model Picture Picture Word Inductive Model. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitan ini adalah guru dan siswa kelas II SDN di Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi dan kajian dokumen selama pembelajaran. Teknis analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan ketrampilan mengklasifikasi siswa kelas II SDN di Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan mengklasifikasi pada pratindakan, siklus I dan siklus II. Tingkat kentuntasan klasikal pada pratindakan adalah sebanyak 8 siswa atau 40%. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebanyak 13 siswa atau sebesar 65%, dan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus II sebanyak 18 siswa atau sebesar 90%.
Kata Kunci : Keterampilan Mengklasifikasi, Picture Word Inductive Model, Siswa kelas II SD
 

 

×
Penulis Utama : Bagus Priyambodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113043
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Picture Word Inductive (Pwim) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengklasifikasi Pada Siswa Kelas II SD Negeri Di Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Jurusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kartono, M. Pd.,
2. Karsono, S. Sn., M. Sn.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.