Penulis Utama : Shifa Rizqi Fardila
NIM / NIP : K6413067
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengembangan materi PPKn sesuai dengan prinsip relevansi, konsistensi dan kecukupan; (2) untuk mengetahui kendala yang dialami guru dalam mengembangkan materi PPKn; (3) untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam mengembangkan materi PPKn di kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deksriptif kualitatif dengan penelitian analisis dokumen/isi. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Sajian data, (4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahapan persiapan, (2) Tahapan pengumpulan data, (3) Tahap analisis data, (4) Tahap penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: (1)Pengembangan materi peran daerah dalam kerangka NKRI belum memenuhi prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan; (2) Kendala yang dialami guru dalam mengembangkan materi PPKn, antara lain: Pertama, pengembangan indikator dari kompetensi dasar (KD). Kedua, perbedaan kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik. Ketiga, kurangnya buku penunjang untuk bahan pengembangan materi; (3) Strategi yang dilakukan guru dalam mengembangkan materi ppkn di Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya, diantaranya: membaca informasi-informasi terkini terkait pembelajaran baik peraturan yang dikeluarkan pemerintah maupun sesama teman sejawat di Kota Tasikmalaya; menganalisis standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD); membaca sumber-sumber tambahan lainnya.
Kata kunci: analisis materi, karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI.

 

×
Penulis Utama : Shifa Rizqi Fardila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413067
Tahun : 2017
Judul : Analisis Materi Karakteristik Daerah Tempat Tinggal Dalam Kerangka NKRI Di Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Jurusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, K6413067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rima Vien PH, SH., MH.,
2. Erna Yuliandari, SH., MA.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.