Penulis Utama : Afafi Zakiyati K8113001
NIM / NIP : K8113001
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Aba Thoyibah Banyuanyar Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Meningkatkan kemampuan motorik halus dengan praktik kerajinan tangan membuat alat musik perkusi sederhana.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Terdiri dari dua siklus d a n setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan serta dilaksanakan pada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 26 anak usia 5-6 tahun dan guru kelas kelompok B TK Aba Thoyibah Banyuanyar Surakarta. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui praktik kerajinan tangan, anak dapat meniru bentuk suatu kerajinan tangan dengan baik, anak dapat bereksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan secara mandiri dan anak dapat menggunting sesuai dengan pola yang sudah ada sehingga melalui praktik kerajinan tangan dapat meningkatkan motorik halus anak pada kelompok B TK Ab Thoyibah Banyuanyar Surakarta dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus sejumlah 8 anak dari 26 anak atau sebesar 30.7%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus meningkat menjadi 14 anak atau 53.8%. Pada siklus II ketuntasan kemampuan motorik halus anak menjadi 80.8% atau 21 anak. Berdasarkan uraian di atas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan praktik kerajinan tangan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B TK Aba Thoyibah Banyuanyar Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata kunci: kemampuan motorik halus, kerajinan tangan, pendidikan anak usia dini

 

×
Penulis Utama : Afafi Zakiyati K8113001
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113001
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Praktik Kerajinan Tangan Pada Anak Kelompok B TK ABA Thoyibah Banyuanyar Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Jurusan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, K8113001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.