Penulis Utama : Indah Wahyu Nirmalasari
NIM / NIP : K8113041
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui penerapan model Quantum Teaching pada anak kelompok B2 TKIT Miftahul Jannah Masaran Sragen Tahun Ajaran 2016/201.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TKIT Miftahul Jannah Masaran Sragen yang berjumlah 15 anak. Sumber data penelitian adalah guru, anak dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas instrumen kuantitatif menggunakan validitas isi. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil antar siklus dan menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan bercerita pada setiap siklunyas. Prasiklus diperoleh ketuntasan klasikal keterampilan bercerita anak sejumlah 5 anak atau 33,33%. Siklus I diperoleh ketuntasan klasikal keterampilan bercerita anak meningkat menjadi 8 anak atau 56,67%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal keterampilan bercerita anak meningkat menjadi 12 anak atau 80%. Nilai tuntas pada anak terlihat ketika anak mencapai nilai tuntas dari tiga indikator penilaian diantaranya ketepatan isi cerita meliputi anak mampu menceritakan kembali sesuai isi cerita secara benar dan tepat, ketepatan kalimat meliputi anak mampu menyusun kata menjadi sebuah kalimat sederhana secara jelas dan kelancaran bercerita meliputi kelancaran bercerita dan intonasi suara.
Kata kunci: keterampilan bercerita, model Quantum Teaching, anak usia 5-6 tahun

 

×
Penulis Utama : Indah Wahyu Nirmalasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113041
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Pada Anak Kelompok B2 Tkit Miftahul Jannah Masaran Sragen Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Jurusan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, K8113041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Ismail Sriyanto, M.Pd.,
2. Hadiyah, S.Pd, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.