Penulis Utama : Amalia Zulfana Rochman
NIM / NIP : F3114008
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko kerusakan bahan baku dapat mempengaruhi jalannya produksi PT Sari Warna Asli Garment. Penulis juga mengidentifikasi besar kerugian biaya akibat ada kerusakan material bahan baku sehingga dari hasil penelitian ini didapatkan solusi yang tepat untuk mengurangi risiko tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisa perhitungan biaya. Metode deskriptif digunakan untuk membahas data kualitatif yaitu data tentang gambaran perusahaan, kualitas bahan baku perusahaan, quality control yang diterpkan untuk memeriksa bahan baku, dan proses jalannya produksi perusahaan, sedangkan data kuantitatif adalah data untuk menghitung besarran kerugian yang dialami perusahaan.
Hasil dari penelitian ini adalah kerugian dialami perusahaan akibat terjadinya kesalahan pada penerimaan order yaitu kesalahan dalam melakukan komunikasi, sehingga perusahaan harus lebih memperhatikan saat melakukan komunikasi dan teliti terhadap pesanan yang di minta supplier. Kesalahan dalam penerimaan bahan baku yaitu bahan baku yang diterima cacat, salah dalam pengiriman dan keterlambatan yang dilakukan supplier sehingga perusahaan harus melakukan perjanjian dengan supplier  agar kerugian bisa dihindarkan. Kesalahan lain yaitu pada tahap produksi yaitu kesalahan akibat human error, terbatasnya mesin inspeksi, dan terlambatnya pengiriman akibat dbahan baku terlambat dikirim oleh supplier. Solusi untuk kesalahan pada tahap produksi yaitu memberi sanksi kepada karyawan yang mengakibatkan kesalahan (human error), menambah mesin inspeksi untuk pengecekan bahan baku kain, dan melakukan perjanjian  dengan pemberian sanksi kepada supplier untuk penjadwalan pengiriman tepat waktu.

Kata kunci : solusi, perhitungan kerugian, kesalahan.
 

×
Penulis Utama : Amalia Zulfana Rochman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114008
Tahun : 2017
Judul : Perhitungan Kerusakan Bahan Baku Ekspor Garment ke Jepang pada PT Sari Warna Asli
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Manajemen Perdagangan - F3114008-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim, SE., M.Ec.Dev,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.