Penulis Utama : Anggita Fitri Sugiyanto Putri
NIM / NIP : F0212014
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor ekonomi makro yang diukur dengan pertumbuhan inflasi dan pertumbuhan GDP, karakteristik bank yang diukur dengan CAR, LDR atau FDR, NPL atau NPF, BOPO dan SIZE dan corporate governance yang diukur dengan Ukuran Dewan Direksi, Ukuran Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen dan Ukuran Pengawas Syariah terhadap profitabilitas perbankan yang di ukur dengan ROA.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank umum konvensional dan bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan periode 2011-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 bank umum konvensional dan 11 bank umum syariah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan analisis linier berganda yang sebelumnya diuji dengan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolineritas dan uji autokorelasi.
Setelah melakukan serangkaian uji pada penelitian ini, dihasilkan kesimpulan bahwa pertumbuhan inflasi dan pertumbuhan GDP tidak menunjukan pengaruh signifikan terhadap ROA. Variabel CAR, LDR arau FDR, NPL atau NPF,BOPO, Proporsi Dewan Komisaris dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Sedangkan variabel SIZE, Ukuran Dewan Direksi dan Ukuran Dewan Komisari berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Kemampuan prediksi dari 10 variabel untuk bank umum konvensional adalah 58,1% dan kemampuan prediksi dari 11 variabel untuk bank umum syariah adalah 9,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian.


Kata kunci : Faktor Ekonomi Makro, Karakteristik Bank, Corporate Governance dan Profitabilitas

 

×
Penulis Utama : Anggita Fitri Sugiyanto Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0212014
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Faktor Ekonomi Makro, Karakteristik Bank dan Corporate Governance terhadap Profitabilitas Perbankan (Studi pada Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan Periode 2011-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen- F0212014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, S.E., M.Ek.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.