Penulis Utama : Ayubi Solahudin Al Pasha
NIM / NIP : F0213019
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan risiko kredit di antara bank syariah dengan metode pengukuran ZSCORE; 2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan risiko kredit di antara bank syariah dengan menggunakan metode pengukuran NPL.
Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder, yaitu data yang sudah dilakukan sebelumnya. Data bank syariah yang digunakan dari masing-masing negara, diambil dari situs Bankscope dan juga beberapa referensi lainnya. Penelitian ini mengambil sampel yaitu semua bank syariah di Indonesia, Malaysia, dan Arab Saudi dengan menggunakan 5 tahun pengamatan yaitu 2011-2015. Metode penelitian ini menggunakan alat analisis SPSS 16.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Indonesia dan Malaysia tidak menunjukan adanya perbedaan dalam model pengukuran ZSCORE karena beberapa alasan seperti hampir memiliki karakteristik yang sama dalam akuntasi standar dan tidak terdapat perbedaan di sisi return on asset; 2) Malaysia dan Arab Saudi menunjukan adanya perbedaan, begitu pula dengan perbandingan risiko kredit Arab Saudi dan Indonesia dimana sesuai dengan hipotesis bahwa ukuran perusahaan mempengaruhi nilai ZSCORE; 3) Indonesia dan Malaysia menunjukan adanya perbedaan melalui metode pengukuran NPF dari sisi akad profit loss sharing; 4) Malaysia dan Arab Saudi memiliki perbedaan tingkat risiko kredit dari sisi total financing.

Kata Kunci: bank syariah, risiko kredit, ZSCORE, NPL

 

×
Penulis Utama : Ayubi Solahudin Al Pasha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213019
Tahun : 2017
Judul : Analisis Perbandingan Risiko Kredit Bank Syariah (Studi Perbandingan di Indonesia, Malaysia, dan Arab Saudi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen- F0213019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Setyowati, S.E., M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.