Penulis Utama : Dewi Prastiwi
NIM / NIP : F0213029
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial development dan struktur perbankan pada pertumbuhan ekonomi. Financial development diukur dengan menggunakan empat indikator yaitu rasio kredit yang dikeluarkan perbankan di setiap provinsi dengan PDRB provinsi, rasio deposito yang dihimpun perbankan di setiap provinsi dengan PDRB provinsi, rasio jumlah kantor cabang bank dengan jumlah penduduk per provinsi, serta rasio pinjaman bank umum untuk sektor UMKM dengan PDRB provinsi. Strukur perbankan diukur dengan menggunakan dua indikator yaitu pangsa kredit dan deposito perbankan. Sedangkan pertumbuhan ekonomi diukur dengan menggunakan pertumbuhan PDB riil per kapita per provinsi yang dikeluarkan BPS.

Penelitian ini menggunakan data dari 33 provinsi di Indonesia dengan periode pengamatan dari 2011-2015. Data penelitian merupakan data sekunder yang berasal dari Statistik Perbankan Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Penelitian ini juga menggunakan dua kondisi data sampel pengujian yang berbeda, yakni data bank komersial dan data BPR. Metode penelitian menggunakan model analisis regresi berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 16.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bank umum maupun BPR, secara keseluruhan masing-masing indikator dari financial development mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara positif dan signifikan. Demikian halnya pengaruh struktur perbankan adalah positif dan signifikan pada pertumbuhan ekonomi.

Kata kunci: financial development, struktur perbankan, pertumbuhan ekonomi

 

×
Penulis Utama : Dewi Prastiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213029
Tahun : 2017
Judul : Financial Development, Struktur Perbankan dan Pertumbuhan Ekonomi (Studi pada provinsi di Indonesia periode 2011-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen- F0213029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deny Dwi Hartomo, S.E., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.