Penulis Utama : Mustika Anjasmara
NIM / NIP : F0213067
×

ABSTRAK


    Penelitian ini memberikan bukti empiris atas pengaruh kontrol keluarga terhadap jaminan kredit bank dengan pemegang saham besar non keluarga dan pembayaran dividen yang lebih tinggi sebagai variabel pemoderasi. Kontrol keluarga diukur dengan skala dummy dan jaminan kredit bank diukur dengan rasio dari pinjaman yang dijamin terhadap total pinjaman. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu tangibility, Return On Asset (ROA), leverage, struktur utang jangka panjang, dan ukuran perusahaan. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan keluarga yang dipublikasi oleh Bursa Efek Indonesia. Sampel data yang digunakan sebanyak 310 perusahaan keluarga pada tahun 2011-2015. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method. Teknik analisis data yang menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel. Dengan memakai sampel penelitian perusahaan keluarga menunjukkan perusahaan yang di kontrol keluarga memiliki pengaruh positif terhadap jaminan kredit bank. Sedangkan pemegang saham besar non keluarga dan pembayaran dividen yang lebih tinggi tidak terbukti memberikan efek moderasi terhadap kedua variabel tersebut.
Kata Kunci :Kontrol Keluarga, Jaminan Kredit Bank, Pemegang Saham Besar non Keluarga, Pembayaran Dividen, Perusahaan Keluarga

 

×
Penulis Utama : Mustika Anjasmara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213067
Tahun : 2017
Judul : Kontrol Keluarga dan Jaminan Kredit Bank (Studi pada Perusahaan Keluarga di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen - F0213067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarjanto, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.