Penulis Utama : Anindya Roswita Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213011
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Brand Awareness, Electronic Word Of Mouth, Brand Perceived Quality, Trust Towards Brand, Instagram Usage, Brand Usage, Brand Satisfaction dan Brand Loyalty Terhadap Persepsi Merek Kedai Kopi Lokal Kota Solo Terbaik di Kalangan Mahasiswa Fisip Angkatan 2013-2016 Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213011-2018
Subyek : BRAND EQUITY
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Salah satu hal yang digunakan sebagai pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah produk adalah persepsi akan merek terbaik. Persepsi akan merek terbaik digunakan untuk mengukur kekuatan merek atau brand equity. Menurut David A. Aaker (1996) kekuatan merek merupakan seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu nama merek dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan teori efek komunikasi dengan model hirarki efek komunikasi dari Lavidge dan Steiner yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa audiens merespon pesan secara kognitif (melalui pikiran), afektif (perasaan) dan konatif (perilaku) (Barry dan Howard, 1990; Wijaya, 2011). Model tersebut dikembangkan untuk dapat mengukur persepsi merek terbaik dengan menggunakan beberapa faktor seperti brand awareness, EWOM, brand perceived quality, trust towards brand, Instagram usage, brand usage, brand satisfaction dan brand loyalty.
Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang berasal dari mahasiswa Reguler FISIP UNS yang berjumlah 91 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan menggunakan proportional sampling. Model yang didapat dari penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk dapat menguji setiap variabel dan indikator secara simultan dalam membangun persepsi merek kedai kopi terbaik di kota Solo.
Hasil dari penelitian ini adalah model merepresentasikan kekuatan merek dengan model fit RMSEA 0,000 dan p-value 1,000. Hal ini menandakan bahwa ada pengaruh dari setiap variabel dan indikator secara simultan terhadap persepsi terbaik kedai kopi lokal di kota Solo. Faktor yang memberikan pengaruh paling besar adalah brand awareness. Untuk itu, faktor brand awareness atau peningkatan akan kesadaran merek kedai kopi dapat dijadikan prioritas utama dibandingkan yang lain dalam membangun persepsi merek kedai kopi terbaik di kota Solo.

Kata Kunci: Brand Equity, EWOM, Brand Awareness, Instagram.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S.Sos, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP