Penulis Utama : Hariyadi
NIM / NIP : S841508010
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  1)  ada  tidaknya  hubungan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan keterampilan menulis artikel ilmiah; 2) ada tidaknya hubungan antara locus of control dan keterampilan menulis artikel ilmiah; dan 3)  ada tidaknya hubungan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan locus of control dengan keterampilan menulis artikel ilmiah.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah survey dengan studi korelasional. Sampel terdiri atas 167 mahasiswa angkatan 2014 di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji persyaratan dan uji instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data keterampilan menulis artikel ilmiah menggunakan teknik tes berupa unjuk kerja; (3) pengumpulan data penguasaan ragam bahasa Indonesia standar menggunakan teknik tes dengan menjawab pertanyaan pilihan ganda (tes objektif); (3) pengumpulan data locus of control menggunakan teknik nontes dengan mengisi lembar angket tertutup. Variabel keterampilan menulis artikel ilmiah divalidasi dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas rating; validitas tes penguasaan ragam bahasa Indonesia standar menggunakan rumus korelasi poin biserial, dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Validitas angket locus of control menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan hasil uji signifikansi sebesar 9,03, hasil korelasi sebesar 0,58, dan hasil kontribusi sebesar 33,07%; 2) ada hubungan positif yang signifikan antara locus of control dan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan hasil uji signifikansi sebesar 8,48 hasil korelasi sebesar 0,55 dan hasil kontribusi sebesar 30,36%; dan 3) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan locus of control secara bersama-sama dengan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan hasil uji signifikansi sebesar 92,32 hasil korelasi sebsar 0,73 dn hasil kontribusi sebesar 52,96%.

 

×
Penulis Utama : Hariyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508010
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Penguasaan Ragam Bahasa Indonesia Standar Dan Locus Of Control Dengan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah (Survei pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak tahun 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Prof. St. Y. Slamet, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.