Penulis Utama : Alpan Ahmadi
NIM / NIP : S841508004
×

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan 1) latar belakang pengarang novel Sri Rinjani; 2) latar belakang sosial budaya novel Sri Rinjani; (3) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sri Rinjani; dan (4) relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi Sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam novel Sri Rinjani. Sumber data dalam penelitian ini berupa data teks novel Sri Rinjani karya Eva Nourma, yang diterbitkan oleh STKIP Hamzanwadi Press tahun 2011, wawancara dengan pengarang, dan wawancara dengan guru. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interaktif. Analisis data dilakukan dengan cara analisis interaktif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Hasil  penelitian  ini  adalah;  1)  Secara  sosio-historis  pengarang,  karya  Eva Nourma bernuansa kearifan lokal bahkan multikultural dengan menjadikan suku Sasak sebagai ikon penciptaannya; 2) Latar belakang sosial budaya masyarakat Sasak meliputi pekerjaan sebagai petani, nelayan, buruh kasar, pemecah batu, dan pengembala. Tingkat pendidikan dan taraf hidup masyarakat Sasak di pedesaan masih rendah. Adat atau kebiasaan   masyarakat   Sasak   melestarikan   budaya   Bau   Nyale.   Masyarakat   Sasak mayoritas beragama Islam sebagaimana Lombok diberi gelar Pulau Seribu Masjid dan Serambi  Madinah.  Dan  masyarakat  Sasak  meyakini  bahwa  nyale  bisa  sebagai  obat, perekat manusia, azimat, dan mendekatkan jodoh; 3) Nilai pendidikan pada novel Sri Rinjani adalah agama/religius meliputi; pelaksanakan sholat. Nilai sosial meliputi; sikap kepedulian  terhadap  masyarakat  lemah,  sikap  tolong  menolong,  dan  sikap tanggungjawab.  Karakter  meliputi;  religius,  kerja  keras,  peduli  sosial,  dan  tanggung jawab. Adat/budaya meliputi; kebiasaan masyarakat dalam tradisi Bau Nyale yang mencerminkan perdamaian dan kepedulian terhadap budaya sendiri serta membangun Berugak sebagai tempat menjamu tamu dan bercengkerama dengan keluarga; 4) novel Sri Rinjani karya Eva Nourma relevan digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA.

 

×
Penulis Utama : Alpan Ahmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508004
Tahun : 2017
Judul : Kajian Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Sri Rinjani Karya Eva Nourma Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W., S.S., M.Hum
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.