Penulis Utama : Kaleb E. Simanungkalit
NIM / NIP : S841508016
×

Penelitian  tindakan  kelas  ini  bertujuan  untuk:  (1)  meningkatkan  motivasi dalam menulis teks anekdot siswa dan (2) meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X MM 3 SMK Gondang tahun ajaran 2016/2017 dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan penggunaan media karikatur. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober sampai bulan Desember 2016. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X MM 3 SMK N,1 Gondang.
Data berupa RPP, foto, video, hasil tes, catatan lapangan, daftar nilai dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: informan, tempat dan proses pembelajaran dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanan tindakan dan pelaporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan media gambar karikatur mampu meningkatkan motivasi belajar siswa ditandai dengan aspek perhatian, keaktifan, antusias dan rasa ingin tahu siswa pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dan media gambar karikatur   dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X MM 3 SMK N. 1
Gondang. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilaksanakan selama 2 siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 14 siswa (45%) dengan  nilai rata-rata 66,74. Siklus  I,  siswa  yang tuntas mencapai KKM sebanyak 22 siswa (71%) dengan rata-rata 73. Siklus II, siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 29 siswa (94%) dan melampaui target peneliti yaitu 80%.

 

×
Penulis Utama : Kaleb E. Simanungkalit
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508016
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Dan Penggunaan Media Gambar Karikatur di Kelas X MM 3 SMK Negeri 1 Gondang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Andayani, M. Pd.,
2. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.