Penulis Utama : Nunung Juniarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881508014
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Peduli Lingkungan Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas XI IPS SMAN 1 Siantan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Geografi-S881508014-2017
Subyek : METODE FIELD TRIP
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  (1)  Untuk  mengetahui  pengaruh  hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam antara siswa dengan menggunakan metode pembelajaran field trip dengan siswa yang menggunakan metode ceramah, (2) Untuk mengetahui pengaruh sikap peduli lingkungan siswa baik tinggi, dan rendah  terhadap  hasil  belajar  pada  materi  sumber  daya  alam,  (3)  Untuk mengetahui interaksi antara penggunaan metode pembelajaran field trip dan sikap peduli lingkungan siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2016 dengan populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Siantan. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah  sampel sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data berupa sikap siswa, dan tes untuk mendapatkan data berupa hasil belajar. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan teknik validitas butir dengan rumus pearson product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis vaiansi (Anava) dua jalan dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran field trip menghasilkan hasil belajar yang sama dengan metode pembelajaran ceramah dalam penyajian materi sumber daya alam pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1
Siantan, (2) Sikap peduli lingkungan siswa pada klasifikasi tinggi dengan menggunakan metode field trip lebih baik daripada metode ceramah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode field trip dan sikap peduli lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam pada siswa siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Gamal Rindarjono, M.Si,
2. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana