Penulis Utama : Sugimin
NIM / NIP : S250908010
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Belajar SMA N 1 Jeruklegi Tahun Pelajaran 2015/2016 dan teori kontruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman untuk mengkaji masalah ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di SMA N 1 Jeruklegi Cilacap. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan documenter. Validitas data yang digunakan adalah  triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Interaktif.
1.    Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku belajar siswa SMA N 1 Jeruklagi tahun pelajaran 2015/2016 adalah siswa berperilaku baik dalam belajar atau dapat mengikuti proses belajar dalam sekolah maupun setelah di luar sekolah yang dipengaruhi oleh faktor realitas objektif yang dimiliki siswa. Faktor realitas subjektif siswa lebih mendominasi konstruksi perilaku belajar siswa. Hal ini mempertegas hasil penelitian bahwa siswa termotivasi dan bersinergi apa yang dirasakan seperti kenyamanan dari keluarga walaupun bukan dari keluarga baik secara ekonomi, secara modal sosial, dan kepercayaan sosialnya di masyarakat siswa tetap mampu berprestasi engan baik. Perilaku siswa dipengaruhi oleh eksternalisasi artinya ruang lingkup siswa seperti masyarakat, norma,tata nilai, adat, agama, sedikit banyak ikut mengkonstruksi perilaku belajar siswa yang ikut menentukan hasil prestasi yang akan dicapainya. Internalisasi merupakan proses yang sangat mempengaruhi dalam mengkonstruksi belajar siswa yaitu segala sesuatu yang diterima dapat memotivasi dan bersinergi dengan proses sosialisasi disemua lini kehidupannya dan menghasilkan prestasi yang maksimal. Dalam penelitian ini peneliti juga menyimpulkan bahwa legitimasi dari semua masyarakat akan memotivasi perilaku belajar siswa dalam kerangka kepuasan terhadap proses belajar yaitu dengan mencapai prestasi yang baik. Karakteristik yang terbentuk adalah siswa baik pada sopan santun dan non akademik dibandingkan respon terhadap proses belajar mengajar.

 

×
Penulis Utama : Sugimin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S250908010
Tahun : 2017
Judul : Perilaku Belajar Siswa SMA Negeri 1 Jeruklegi Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016 (Kajian Fenomenologi Perilaku Belajar Siswa SMA Negeri 1 Jeruklegi Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Sosiologi-S250908010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RB Soemanto, MA
2. Dr. Argyo Demartoto, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.