Penulis Utama : Indrastuti Ristiyani
NIM / NIP : S991502010
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  keefektifan  modul  akuntansi dengan model Competency Based Training   untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat di Balai Latihan Kerja Kota Surakarta pada unit kompetensi memroses entry jurnal.
Penelitian pengembangan modul pembelajaran  ini menggunakan model Dick, Carey dan Carey  yang dimodifikasi terdiri dari 9 tahap yaitu: 1) Identifikasi tujuan pembelajaran, 2) melakukan analisis instruksional, 3) menganalisis siswa dan  konteks,  4)  merumuskan tujuan  khusus/  unjuk  kerja,  5)  mengembangkan instrument penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan  dan  memilih  bahan  intruksional,  8)  merancang  dan melaksanakan  evaluasi  formatif,  9)  Revisi  bahan  ajar.  Analisis  data  yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis kompetensi peserta diklat   melalui uji t-test. Produk pengembangan diujicobakan di Balai Latihan Kerja kota Surakarta  melalui  evaluasi  formatif  dengan  beberapa  tahap  yaitu:  review ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli praktisi, uji coba kelompok kecil sebanyak 8 peserta diklat dan uji coba lapangan sebanyak 32 peserta diklat.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan modul akuntansi dengan model Competency Based Training efektif meningkatkan kompetensi peserta diklat di Balai Latihan Kerja kota Surakarta. Hal ini  didasarkan dengan adanya kenaikan rata-rata nilai kompetensi dari pre-test ke post-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa pada mean before (pre-test) sebesar (62,06) dan mean after (post-test) sebesar (79,25) sehingga ada peningkatan sebesar 17,19 poin. Dengan demikian terbukti bahwa modul akuntansi dengan model Competency Based Training efektif meningkatkan kompetensi peserta diklat di Balai Latihan Kerja kota Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Indrastuti Ristiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991502010
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Akuntansi dengan M o d e l Competency Based Training (CBT) Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Diklat Di Balai Latihan Kerja Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991502010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
2. Dr. Sudiyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.