Penulis Utama : Ichsan Arba‘i
NIM / NIP : S991502009
×


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Warga Surakarta melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Media Prezi.
Penelitian  ini  merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif (mixed methods).Objek penelitian yaitu peserta didik kelas XIF Teknik Otomotif SMK Warga Surakarta yang berjumlah 31.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, kuesioner, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Prezi meningkatkan keaktifan peserta didik untuk berpikir aktif dan kreatif dalam pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, mengembangkan keterampilan bepikir kritis dalam memecahkan masalah, meningkatkan rasa percaya diri, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi optimal. Keaktifan peserta didik berdasarkan kuesioner penelitian mengalami peningkatan setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Prezi dengan persentase rata-rata pra tindakan sebesar 66,84%, dan setelah tindakan sebesar 91,02%. Hasil belajar peserta didik berdasarkan pretest dan posttest penelitian juga mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata pra tindakan sebesar 43,39% dan setelah tindakan sebesar 97 %. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata keaktifan dan hasil belajar peserta didik pretest (sebelum tindakan) dan postest (setelah tindakan).

 

×
Penulis Utama : Ichsan Arba‘i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991502009
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( Tps) Dengan Media Prezi Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Pada Siswa SMK WARGA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991502009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.,
2. Dr. Djoko Santosa Th, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.