Penulis Utama : Regina Sanja Novianti
NIM / NIP : D0213077
×

ABSTRAK

Akun twitter @PEMKOT_SOLO merupakan akun twitter resmi milik Pemerintah Kota Surakarta. Akun twitter tersebut digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat melalui media sosial, selain itu akun twitter ini juga digunakan sekaligus untuk menerima masukan atau keluhan dari masyarakat terkait kota Surakarta. Informasi yang diberikan kepada masyarakat melalui akun twitter @PEMKOT_SOLO merupakan informasi mengenai kegiatan yang dijalankan Pemkot, kuliner yang ada di Surakarta, event yang sedang berlangsung di Surakarta, branding Kota Surakarta, serta kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Surakarta. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana fungsi komunikasi massa dalam akun twitter resmi @PEMKOT_SOLO.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Computer Mediated Communication atau sering disebut dengan Teori Komunikasi Berbasis Komputer. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Penelitian dilakukan pada followers akun twitter @PEMKOT_SOLO. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pernah berinteraksi dengan akun twitter resmi milik pemkot.
Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa akun twitter resmi @PEMKOT_SOLO memiliki 5 (lima) fungsi dalam komunikasi massa yaitu fungsi penjelasan, fungsi informasi, fungsi transmisi budaya, fungsi entertainment, dan fungsi interaksi sosial.


Kata kunci: Fungsi Komunikasi Massa, Twitter, Pemerintah Daerah

 

×
Penulis Utama : Regina Sanja Novianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213077
Tahun : 2017
Judul : Fungsi Komunikasi Massa dalam Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Fungsi Komunikasi Massa dalam Akun Twitter Resmi @PEMKOT_SOLO)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc.Sc,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.