Penulis Utama : Ahmad Wasis Setyadi
NIM / NIP : S021502001
×

ABSTRAK

Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV / AIDS) menjadi masalah utama kesehatan masyarakat global. Ketika  seseorang  terdiagnosis  HIV  akan  mengalami  masalah  psikologis  yang dapat membuat orang tersebut semakin depresi, cemas dan stres. Semakin terganggu psikologis seseorang maka daya tahan tubuhnya akan semakin melemah dan virus yang ada didalam tubuh akan semakin menyerang. Tujuan penelitian   untuk   menganalisis   pengaruh   hipnoterapi   terhadap   perubahan depresi, kecemasan dan stres pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di kelompok dukungan sebaya friendship plus Kediri.

Desain yang digunakan adalah Randomized Controlled Trial (RCT) dengan sampel orang-orang dengan HIV / AIDS  yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 subjek penelitian (30 subjek penelitian perlakuan dan 30 subjek penelitian kontrol), hipnoterapi dilakukan selama 4 kali dalam satu bulan dengan mengukur tingkat depresi, kecemasan dan stres sebelum dan sesudah terapi dengan kelompok perlakuan serta kelompok kontrol. Alat ukur menggunakan Depression Anxiety Stress Scale (DASS) 42 oleh Lovinbond yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Uji menggunakan perbedaan mean antara kelompok hipnoterapi dan tidak hipnoterapi dengan uji t independen.

Ada pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat depresi pada orang dengan HIV/AIDS  (ODHA)  pada  saat  pre  test  dan  post  test  di  kelompok  Dukungan Sebaya (KDS) Friendship Plus Kediri (p<0>

Hipnoterapi mampu merubah pola pikir subjek penelitian terhadap depresi, kecemasan dan stres yang dialami karena pengaruh sugesti yang ditanamkan   peneliti   kepada   subjek   penelitian,   sehingga   subjek   penelitian semakin tenang dan imunitas dalam tubuh semakin baik.


Kata Kunci: Tingkat depresi, kecemasan dan Stres, Hipnoterapi, HIV / AIDS

 

×
Penulis Utama : Ahmad Wasis Setyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021502001
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Perubahan Depresi, Kecemasan dan Stres pada Orang dengan HIV / AIDS di Kelompok Dukungan Sebaya Friendship Plus Kediri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021502001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr, M.Ph, M.Sc, Ph.D,
2. Dr.Argyo Demartoto, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.