Penulis Utama : Erna Nurochim
NIM / NIP : S021408024
×

ABSTRAK

Latar  belakang  :  Retardasi  Mental  merupakan  masalah  serius  bagi  sebuah bangsa. Prevalensi kejadian RM merupakan masalah dunia yang berdampak besar terutama  bagi  negara  berkembang,  dengan  demikian  RM  perlu  diketahui, dihindari dan diatasi.

Subjek  dan Metode  :  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  dengan desain Case Control Study yang dilakukan pada 35 kasus dan 70 kontrol di kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Tekhnik sampling menggunakan Fix Disease Sampling. Alat pengumpul data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi logistik ganda.

Hasil : Umur ibu saat hamil, sosial ekonomi, faktor lingkungan, riwayat prenatal memiliki hubungan negatif dan signifikan dengan risiko anak untuk menjadi RM, berurutan (OR:0.10.,CI:0.03-0.36., p:0.022), (OR:0.23., CI:0.07-0.81.,p:0.022), (OR:0.13., CI:0.04-0.45.,p:<0>

Kesimpulan : Kesiapan fisik dan mental ibu yang baik sebelum dan saat hamil didukung dengan sosial ekonomi yang baik, lingkungan tempat ibu tinggal yang baik serta antenatal care yang baik akan menurunkan risiko RM pada anak yang dilahirkan. Bidan dan petugas kesehatan harus berperan aktif untuk memberikan KIE kepada ibu dan keluarga tentang cara mendapatkan anak yang sehat fisik, mental dan tidak RM.

 

Kata Kunci: Retardasi Mental, Usia Ibu, Sosial Ekonomi, Lingkungan, Riwayat Kehamilan.

 

×
Penulis Utama : Erna Nurochim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408024
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Usia Ibu, Sosial Ekonomi, Lingkungan, Riwayat Prenatal, Perinatal dan Postnatal dengan Kejadian Retardasi Mental
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021408024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dono Indarto, dr, M.Biotech. St, Ph.D
2. Dr. Adi Prayitno, drg., M.Kes,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.