Penulis Utama : Esti Pratiwi Yosin
NIM / NIP : S021502018
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Kontrasepsi suntik adalah kontrasepsi hormonal jenis suntikan yang dibedakan menjadi dua macam yaitu DMPA (depot medroksiprogesterone asetat) dan kombinasi. Suntik DMPA berisi depot medroksiprogesterone asetat yang diberikan dalam suntikan tunggal 150 mg/ml secara intramuscular (IM) setiap 12 minggu. Efek samping penggunaan suntik DMPA adalah kehidupan seksual, body mass index, kesehatan kulit, dan perdarahan uterus abnormal pada wanita usia subur.  
Tujuan : Menganalisis efek penggunaan kontrasepsi suntik terhadap kualitas kehidupan seksual, body mass index, kesehatan kulit dan perdarahan uterus abnormal pada wanita usia subur di Kabupaten Jombang.
Metode : Kuantitatif  korelasional, dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur yang menggunakan kontrasepsi KB suntik di Kabupaten Jombang sebanyak 9072 orang, dengan teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling didapatkan 149 orang sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tentang penggunaan kontrasepsi suntik, penyebaran kuesioner tentang kualitas seksual yang berdasarkan female sexual function index (FSFI) dan melakukan observasi tentang body mass index dan kesehatan kulit, kemudian dari hasil tersebut di analisa dengan menggunakan uji regresi ganda dan regresi logistik.
Hasil : Terdapat hubungan secara statistik signifikan antara umur dengan kehidupan seksual mengalami gangguan (OR: 17.51; CI 95% 5.74-53.385; p<0 B=6.10; SE=0.22), B=2.94; SE=0.24) B=21.91; SE=0.50), B=5.05; SE=0.55)>Kesimpulan : Penggunaan jangka panjang kontrasepsi hormonal jenis suntikan yang dibedakan menjadi dua macam yaitu depot medroksiprogesterone asetat dan kombinasi menimbulkan efek samping antara lain terjadinya gangguan kehidupan seksual, peningkatan body mass index, kesehatan kulit adalah terjadinya jerawat, dan mengalami gangguan perdarahan uterus abnormal.

Kata kunci: efek penggunaan kontrasepsi suntik, kehidupan seksual, body mass index, kesehatan kulit, dan perdarahan uterus abnormal

 

×
Penulis Utama : Esti Pratiwi Yosin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021502018
Tahun : 2017
Judul : Efek Penggunaan Kontrasepsi Suntik Terhadap Kehidupan Seksual, Body Mass Index, Kesehatan Kulit, dan Perdarahan Uterus Abnormal pada Wanita Usia Subur di Kabupaten Jombang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021502018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ambar Mudigdo dr., Sp.PA
2. Dr. Uki Retno Budihastuti, dr., Sp.OG
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.