Penulis Utama : Nova Ikhsyan Syafe’i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881508012
Tahun : 2017
Judul : Analisis Sebaran, Dampak Dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Banjir Rob Dan Intrusi Air Laut Di Kecamatan Semarang Timur Dan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang (Implementasi untuk Pembelajaran Geografi Kelas X SMA IPS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Geografi-S881508012-2017
Subyek : ANALISIS SEBARAN, DAMPAK DAN ADAPTASI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis sebaran rob dan intrusi air laut di Kecamatan Semarang Timur dan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. (2) Mengkaji dampak rob dan intrusi air laut, (3) Mengetahui adaptasi masyarakat dalam menghadapi rob dan intrusi air laut, (4) Mengimplementasikan penelitian untuk pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana, Kelas X Program IPS
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Kecamatan Semarang Timur dan Kecamatan Gayamsari dengan validasi mengunakan teknik triangulasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Sebaran rob di Kecamatan Semarang Timur Tersebar sejauh 5,5 Km dari laut Jawa dan Kecamatan Gayamsari tersebar Sejauh 3,5 Km dari Laut Jawa dan wilayah yang dekat dengan pantai atau sungai. Sebaran Intrusi penyebarannya tidak terlepas dari sebaran wilayah yang tergenang rob dan wilayah yang dekat dengan pantai atau sungai. (2) Dampak rob secara fisik menyebabkan rumah, perabotan rusak, merusak jalan dan kendaraan. dampak ekonomi kemacetan, toko tutup, sepinya pembeli, kerugian waktu serta aktivitas warga yang terganggu. dampak kesehatan menyebabkan diare, penyakit kulit, gatal, iritasi, kutu air. dampak lingkungan banyak sampah, menimbulkan genangan air. Dampak Intrusi, dampak kondisi air, air sumur berasa payau, kotor, bau dan susahnya mencari sumber air tanah yang layak, dampak kondisi tanah kesuburan tanah menurun dan tanaman mengalami cacat. dampak keanekaragaman hanya jenis ikan tertentu saja yang dapat bertahan terhadap kondisi salinitas dan pencemaran yang tinggi. (3) Adaptasi Masyarakat, meninggikan rumah, membangun penghalang dipintu, membangun talut, peninggian jalan dan memberi peringatan warga. Sedangkan pemerintah, membangun polder, pintu air, tanggul darurat, dan rumah pompa. Adaptasi Intrusi Air Laut, pencegahan menanam tanaman dimedia pot. Penanganan, membeli air dari PDAM atau pedagang air. (4) Implementasi dalam pendidikan, penelitian ini kemudian diimplementasikan  dalam materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana berupa modul Mitigasi dan Srategi Adaptasi     Bencana Rob dan Intrusi Air Laut. Dalam penguji cobaanya dilakukan di SMA N 10 Semarang, respon yang diberikan oleh tim ahli, guru geografi dan siswa sangat baik. dan hasil tes siswa sangat memuaskan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
JURNAL.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatariana Muryani, M.Si
2. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana