Penulis Utama : Linda Widyaningrum
NIM / NIP : S021502026
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Mencangkup Pelayanan Preventif, Promotif, Kuratif Dan Rehabilitatife. Pelayanan Kesehatan Bpjs Perlu Ditunjang Sistem Rujukan Untuk   Menjamin Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas Dan Memuaskan Secara Efektif Dan Efisien. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Mengevaluasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Manajemen Pemetaan Regional Sistem Rujukan Pelayanan Bpjs Kesehatan Tingkat Pertama Di Kabupaten Boyolali.

Subjek Dan Metode: Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskripsi Fenomenologi. Penelitian Dilakukan Di    Puskesmas Wonosegoro   I,   Puskesmas   Karanggede   I,   Rumah   Sakit   Umum   Daerah Pandanarang Boyolali, Rumah Sakit Umum Daerah Simo Boyolali Serta Penentu Kebijakan Yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali. Teknik   Pengambilan Sampling Dilakukan Dengan Purposive Sampling. Metode Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Wawancara Mendalam, Observasi Dan Analisis Dokumen.

Hasil:  Pemetaan  Regional  Sistem  Rujukan  Di  Kabupaten  Boyolali  Telah  Diatur Dalam Peraturan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali Nomor 440/ 4214/ 15 / 2014 Tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Boyolali. Sumber Daya Manusia  Pelaksana Rujukan Khususnya Di Puskesmas Wonosegoro 1 Dan Karanggede Kabupaten Boyolali Kurang Karena Puskesmas Tersebut Sebagai Puskesmas Perawatan.  Sarana Dan Prasarana Pelayanan  Pertama Di Puskesmas Masih Belum Memadahi Untuk Menangani Penyakit Dasar Yang Berjumlah 155 Diagnosa. Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Dan Komunikasi Belum Terhubung (Online) Dengan Fasilitas Layanan Rujukan Lanjutan Dan Komunikasi Dilakukan Dengan Menggunakan Telephone Untuk  Menayakan Tempat Tidur Kosong Sehingga Informasi Pasien Tidak Bisa Dikirim Ke Fasilitas Tingkat Lanjutan Sebelum Pasien Dirujuk.

Kesimpulan: Penelitian Menyimpulkan Bahwa Sejak Diberlakukan Pemetaan Regional Sistem Rujukan Jumlah Pasien Di Rsud Pandaranang Untuk Kasus-Kasus Dasar Mengalami  Penurunan Kecuali Kasus Dasar Yang Membutuhkan Pemeriksaan Penunjang Di Fasilitas Lanjutan Karena Sarana Dan Prasarana Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama Yang Belum Mendukung Pemetaan Regional Sistem Rujukan

Kata Kunci : Evaluasi, Pemetaan, Rujukan, Bpjs Kesehatan

 

×
Penulis Utama : Linda Widyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021502026
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Kebijakan Pemetaan Regional Sistem Rujukan Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021502026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, Dr, Mm,M.Kes,Pa
2. Dr. Arief Suryono,Sh.,Mh
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.