Penulis Utama : Anggi Dewinta Dianti
NIM / NIP : D1314018
×

Abstrak

Periklanan merupakan suatu tahapan dalam kegiatan pemasaran. Iklan sendiri
sebagai kegiatan yang memusatkan perhatian pada sesuatu hal dan menyerukan informasi atau membuat audiens berpaling atau memperhatikan pesan. Sebuah iklan akan dikatakan efektif apabila perencanaan strategi yang diberikan dapat menyelesaikan seluruh masalah yang sedang dihadapi oleh klien dengan tepat. Dalam bidang periklanan, perencana akan membantu mengarahkan kegiatan sehingga dapat menghasilkan hasil sesuai yang diharapkan bahkan melebihi ekspektasi. Perencanaann periklanan menjadi pengarah dari tindakan yang akan dilakukan. Disini tugas seorang perencana periklanan atau strategic planner menjadi  sangat  penting  untuk  memperoleh  keefektivitasan  dalam  kegiatan beriklan. Divisi yang penulis ambil adalah strategic planner. Tugasnya menjadi penting karena strategic planner sebagai ujung tombak dari proses pembuatan campaign dalam iklan. Beberapa tugasnya seperti menganalisis insight, mengidentifikasi tren pasar dan merancang strategi komunikasi pemasaran.
Kegiatan strategic planner yang dilakukan di Red Communication  Indonesia
seperti menghitung engagement untuk mengetahui konten efektif yang akan digunakan dalam beriklan, melakukan riset mengenai kondisi pasar untuk mengetahui trend apa saja yang sedang terjadi dikalangan masyarakat dan lingkungan,   serta   menganalisis   target   audiens   untuk   menemukan   insight mengenai produk. Pada intinya seorang strategic planner harus mampu menerjemahkan brief agar kedepannya mudah dikembangkan oleh tim kreatif dan harus  jeli  dalam  melakukan  riset.  Semua  kegiatan  yang  dilakukan  strategic planner harus didukung dengan menggunakan riset dan penelitian. Untuk mengetahui keefektivitasan iklan melalui media digital salah satu faktor yang mendukung adalah engagement dimana hal ini dilakukan untuk social media audit guna mengetahui kesetaraan konten pada social media tersebut.
Oleh karena itu dapat diperoleh kesimpulan bahwa pemilihan strategi yang
tepat sangat penting untuk keberhasilan suatu campaign iklan, karena sebagus apapun ide kreatifnya jika pemilihan strateginya kurang tepat maka akan membuat ketidak sesuaiannya campaign yang dipilih dengan brand serta target audience.

Kata Kunci : kuliah kerja media, periklanan, strategic planner, engagement

×
Penulis Utama : Anggi Dewinta Dianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1314018
Tahun : 2017
Judul : Tugas Strategic Planner dalam Keefektifan Iklan pada Perusahaan Red Communication Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Periklanan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1314018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Aryanto Budi Sulihyantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.