Penulis Utama : Yuliana Nurastuti
NIM / NIP : F3314110
×

Abstrak

BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di bidang kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi prosedur pendaftaran peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran di BPJS Kesehatan KC Boyolali serta kelebihan dan kelemahannya, untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami peserta ketika pendaftaran dan upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk meminimalisir kendala peserta ketika pendaftaran serta upaya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan.
Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang berupa hasil penelitian tentang evaluasi prosedur pendaftaran peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pendaftaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan Staf di BPJS Kesehatan KC Boyolali dan wawancara dengan beberapa peserta yang mendaftar di BPJS Kesehatan KC Boyolali.
Hasil dari penelitian ini adalah evaluasi prosedur pendaftaran peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran dapat dikatakan berjalan dengan cukup baik. Adapun kendala-kendala yang dihadapi peserta ketika proses pendaftaran adalah kesulitan mengisi formulir, ketidaktahuan persyaratan, ketidaktahuan faskes, ketidaklengkapan berkas persyaratan, kurang mengerti alur pendaftaran, antri lama, dan cetak kartu 14 hari kemudian. Usaha yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam meminimalisir kendala peserta antara lain: menyediakan informasi, contoh pengisian Formulir, lembar daftar persyaratan, nomor virtual account via SMS, memperluas ruang pelayanan, dan pihak selain staf yang bisa memberikan informasi, sedangkan usaha yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan, yaitu: melakukan sosialisasi, menerima permintaan informasi, kegiatan jemput bola pendaftaran, dan pemberian sanksi atas ketidakpatuhan pendaftaran. Berdasarkan hasil penelitian penulis merekomendasikan untuk memaksimalkan sosialisasi, penyediaan alur pendaftaran secara tertulis/infografis, dan memberikan penjelasan manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan.
    
Kata Kunci : prosedur pendaftaran, kendala pendaftaran, upaya meminimalisir, usaha peningkatan pendaftaran

×
Penulis Utama : Yuliana Nurastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314110
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Prosedur Pendaftaran Peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Akuntansi-F3314110-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hanggana, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.