Penulis Utama : Chastrian Hudha Qhoiri
NIM / NIP : F3314029
×

Abstrak

Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha, efektivitas dan efisiensi dalam mengalokasikan informasi yang ada dalam suatu kegiatan sangatlah penting. Salah satu masalah yang dihadapi dalam perkembangan sistem informasi akuntansi adalah persaingan dalam memasarkan produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, penjualan kredit ternyata lebih diminati oleh konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan sistem penjualan kredit, mengevaluasi kelemahan dan kelebihan dari sistem penjualan kredit, serta memberikan saran yang bermanfaat bagi Percetakan Merbabu. Berdasarkan hal tersebut, penulis membandingkan standar yang ada pada buku teori sistem informasi akuntansi dengan praktek yang nyata pada Percetakan Merbabu.
Sistem penjualan kredit yang ditetapkan Percetakan Merbabu memiliki beberapa kelebihan antara lain, dokumen yang digunakan jenisnya sedikit, setiap transaksi dilaksanakan dengan melibatkan lebih dari satu karyawan, setiap kegiatan pencatatan dokumen, setiap transaksi dicatat menggunakan program yang bersifat online dan penyimpanan dokumen yang ditata dengan rapi, Kelemahan sistem penjualan kredit pada Percetakan Merbabu adalah banyaknya pencatatan biaya produksi yang tidak masuk ke dalam harga pokok penjualan, adanya bagian yang melakukan fungsi ganda,dan kurangnya karyawan. Penulis menyimpulkan bahwa Sistem Penjualan Kredit yang dilaksanakan Percetakan Merbabu sudah cukup baik dan sesuai dengan teori standar sistem informasi akuntansi walaupun masih ada beberapa kelemahan. Adapun saran yang diberikan penulis adalah agar adanya pemisahan tugas antara bagian pelaksana dan bagian pencatatan ke dalam program akuntansi dan penambahan petugas pengiriman.

Kata Kunci : penjualan kredit, akuntansi, sistem

×
Penulis Utama : Chastrian Hudha Qhoiri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314029
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Sistem Penjualan Kredit pada Percetakan Merbabu Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Akuntansi-F3314029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Nugrahaningsih, SE., M.Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.