Penulis Utama : Anjang Pratama S
NIM / NIP : C0508012
×

ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang Peranan SAR Majelis Tafsir Al-Quran Dalam Penanganan Search And Rescue Accident Di Surakarta Tahun 2010-2014. Pembentukan Search And Rescue Majelis Tafsir Al-Quran (SAR MTA) ini dilatarbelakangi oleh kewajiban sosial organisasi daam memberikan pelayanan serta bantuan kepada masyarakat dalam menghadapi bencana alam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya SAR MTA Surakarta, untuk mengetahui peranan SAR MTA Surakarta dalam melaksanakan  SAR  Accident  di  Surakarta,  untuk  mengetahui  koordinasi  SAR MTA dengan organisasi lain yang bergerak dalam  SAR Accident serta mengetahui Kendala apa saja yang dihadapi SAR MTA Surakarta dalam melaksanakan SAR Accident di Surakarta di tahun 2010 – 2014.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah  yang meliputi empat tahap yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, yaitu heuristik atau pengumpulan sumber, yaitu pengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui penelusuran  dokumen  serta  sumber  lisan  terkait  Search  And  Rescue  MTA Surakarta serta studi pustaka. Tahap kedua adalah verifikasi atau kritik sejarah, yaitu  memeriksa  keaslian  dan  validitas  sumber  yang  diperoleh.  Tahap  ketiga adalah  interpretasi  berupa  penafsiran  terhadap  data  yang  diperoleh  sehingga didapat fakta-fakta sejarah. Tahap keempat penulisan atau historiografi, yaitu menyajikan fakta-fakta yang telah diperoleh dalam bentuk tulisan sejarah. Untuk menganalisa data digunakan pendekatan ilmu sosial yang lain sebagai ilmu bantu ilmu sejarah.
Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  berdirinya  SAR  MTA Surakarta dilatar belakangi oleh banyaknya musibah yang terjadi di Surakarta, serta belum adanya instansi milik pemerintah yang memilik unit Emergency SAR. Peranan SAR MTA Surakarta dalam penanganan SAR Accident di Surakarta meliputi penanganan musibah di darat dan di air. Pengabdian kepada masyarakat oleh SAR MTA Surakarta, tidak hanya pada saat terjadi musibah namun juga melakukan tindakan penyuluhan, mengantisipasi kejadian serta melakukan penelitian terapan. Dalam setiap kegiatan operasional yang dilakukan, SAR MTA selalu berkoordinasi dengan Basarnas serta potensi SAR diwilayah Surakarta. Kerjasama ini bertujuan meminimalisir berbagai kendala yang ada di lapangan.
Kata Kunci : Peranan SAR Majelis Tafsir Al-Quran, Search dan Rescue Accident

 

×
Penulis Utama : Anjang Pratama S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0508012
Tahun : 2016
Judul : Peranan Sar Majelis Tafsir Al-Quran dalam Penanganan Search And Rescue Accident di Surakarta Tahun 2010-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Ilmu Sejarah- C0508012-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Agus, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.