Penulis Utama : Ayuk Ningrum
NIM / NIP : C0512012
×

ABSTRAK

Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran mengenai  realisasi  industri tatah  sungging  wayang  kulit  menjadi  desa  wisata Kepuhsari, (2) perubahan dan perkembangan dinamika industri kerajinan tatah sungging wayang kulit di Desa Kepuhsari.
Penelitian ini merupakan penelitian historis, sehingga langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik sumber baik intern maupun ekstern, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, studi pustaka, dan wawancara. Setelah pengumpulan data kemudian data dianalisa dan diinterpretasikan berdasarkan kronologinya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perajin tatah sungging di desa Kepuhsari  memiliki  potensi  dalam  pengembangan  pariwisata  minat  khusus. Perajin tatah sungging wayang kulit Kepuhsari memiliki potensi karena keunikan kreasi wayang kulit seperti pembatas buku, gantungan kunci, wayang kulit berbingkai dan cinderamata lain. Potensi budaya dan wisata alam yang cukup menarik  juga  mendukung  pariwisata  desa  yang  berkembang  di  Kepuhsari. Kegiatan pariwisata di desa Kepuhsari membawa dampak yang cukup besar bagi kehidupan masyarakat, baik itu positif maupun negatif terhadap kehidupan ekologis, ekonomis, sosial maupun budaya masyarakat  yang tinggal di sekitar objek wisata. Dampak lain yang ditimbulkan yaitu menciptakan lapangan kerja baru   dan   membantu   pembangunan   sarana   dan   prasarana   desa,   seperti pembangunan masjid, pengaspalan jalan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah industri kerajinan tatah sungging desa Kepuhsari berhasil menjadi Desa Wisata Wayang. Semenjak menjadi Desa Wisata Wayang terjadi peningkatan pengunjung dan pemasaran yang  semakin baik. Hal tersebut membuat kondisi sosial ekonomi perajin meningkat.

Kata kunci: Perajin Wayang Kulit, Desa Kepuhsari,

×
Penulis Utama : Ayuk Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512012
Tahun : 2017
Judul : Industri Kerajinan Tatah Sungging Wayang Kulit Desa Kepuhsari Tahun 2004 – 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Ilmu Sejarah- C0512012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M.Pd,
2. Dra. Sri Wahyuningsih, M.Hum,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.