Penulis Utama : Dieni Izzati
NIM / NIP : K7113059
×

ABSTRAK

Proses pembelajaran menulis argumentasi yang kurang baik menyebabkan rendahnya kualitas hasil pada pembelajaran keterampilan menulis argumentasi. Hal ini terjadi pada siswa kelas IV SDIT Insan Cendekia Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi Guided Writing Procedure (GWP) guna meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas IV SDIT Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDIT Insan Cendekia Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Data yang digunakan ialah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peristiwa pembelajaran sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara guru mata pelajaran, siswa, observasi/pengamatan kinerja guru dan siswa dan dokumentasi penelitian. Validitas data yang digunakan adalah triagulasi sumber, triagulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah ?80% siswa mendapat nilai ?70. Prosedur penelitian meliputi empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi.
Hasil tindakan penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis argumentasi dari pratindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata tes pratindakan yaitu 52,7 dengan ketuntasan klasikal 23%. Pada siklus I nilai rata-rata tes 65,8 dengan ketuntasan klasikal 48%, dan siklus II nilai rata-rata tes meningkat menjadi 76,8 dengan ketuntasan kalsikal 83%. Kenaikan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal keterampilan menulis argumentasi ini karena semakin baik proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi. Dibuktikan dengan meningkatkanya nilai rata-rata kinerja guru dan aktivitas siswa saat pembelajaran dari pratindakan hingga siklus II.
Kata kunci : implementasi, strategi Guided Writing Procedure (GWP), keterampilan, menulis argumentasi

 

×
Penulis Utama : Dieni Izzati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113059
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Strategi Guided Writing Procedure (GWP) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iv Sdit Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113059-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd.,
2. Hadiyah, S. Pd., M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.