Penulis Utama : Inka Prastika Parama Widita
NIM / NIP : C0112023
×

ABSTRAK


Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) struktur yang membangun roman Dahuru Ing Loji Kepencil berdasarkan teori fiksi Robert Stanton; (2) aspek kriminalitas yang terdapat dalam roman Dahuru Ing Loji Kepencil (3) relevansi aspek kriminalitas ke masa sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar, kemudian menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk meninjau lebih lanjut.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur struktural yang membangun roman Dahuru Ing Loji Kepencil karya Suparto Brata menurut teori struktural Robert Stanton. (2) mendeskripsikan aspek kriminalitas dalam roman Dahuru Ing Loji Kepencil karya Suparto Brata; (3) mendeskripsikan relevansi aspek kriminalitas dalam roman ke masa sekarang. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam gambaran sebuah model pendekatan terhadap penelitian karya sastra.
Landasan  teori  penelitian  ini  adalah  pengertian  roman,  teori  struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme serta ironi), pengertian kriminalitas, teori sosiologi sastra.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif.  Sumber  data  berasal  dari  roman  Dahuru  Ing  Loji  Kepencil  karya Suparto Brata yang diterbitkan oleh penerbit Azzagrafika Yogyakarta, cetakan pertama pada tanggal 1 Juni 2015. Data dalam penelitian ini berupa teks roman Dahuru Ing Loji Kepencil karya Suparto Brata yaitu unsur intrinsik dan aspek- aspek kriminalitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik content analysis, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil  analisis  dari  penelitian  ini  yaitu  :  (1)  secara  keseluruhan  roman Dahuru Ing Loji Kepencil karya Suparto Brata menunjukkan kesatuan yang utuh dan sangat erat kaitannya satu sama lain. Unsur-unsur struktural saling terkait sehingga membentuk satu kesatuan yang indah; (2) aspek kriminalitas menurut aspek yuridis, kriminal, dan sosial.  (3) aspek kriminalitas dalam roman Dahuru Ing Loji Kepencil masih relevan dimasa sekarang.

Kata Kunci: Roman Dahuru Ing Loji Kepencil, Aspek Kriminalitas, Sosiologi
Sastra.

 

×
Penulis Utama : Inka Prastika Parama Widita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112023
Tahun : 2017
Judul : Aspek Kriminalitas dalam Roman Dahuru Ing Loji Kepencil Karya Suparto Brata (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Satra Daerah - C0112023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.,
2. Dr. Prasetyo Adi WW, S.S, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.