Penulis Utama : Octavian Sandy Permana
NIM / NIP : C9412033
×

ABSTRAK

Penelitian Tugas Akhir ini berisi tentang potensi wisata minat khusus surfing di pantai Wediombo. Wediombo merupakan pantai berpasir putih yang ada di kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Dikenal sebagai pantai yang identik dengan batu karang dan juga memiliki sebuah laguna. Tapi ada salah satu daya tarik baru pantai ini yaitu ombaknya yang tidak terlalu tinggi untuk dijadikan spot surfing. Masalah dalam penelitian ini antara lain: Potensi yang dimiliki untuk pengembangan wisata minat khusus surfing, Bagaimana strategi pengembangan dan kendala yang dihadapi oleh pengelola di Pantai Wediombo sebagai wisata minat khusus surfing.

Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara, Observasi, Studi dokumen dan Studi pustaka. Kemudian   data-data   tersebut   dianalisis   secara   kualitatif   dan   disajikan   secara diskriptif.

Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  masih  banyak  potensi  yang  dimiliki pantai Wediombo dari wisata minat khusus surfing. Keberadaan selancar (surfing) di Pantai Wediombo mampu memberikan kontribusi positif terhadap masyarakatnya. Kepariwisataan  Wediombo  semakin  maju  dengan     munculnya  aktifitas  wisata selancar (surfing). Strategi yang dilakukan adalah Strategi pengembangan   surfing berbasis masyarakat lokal di   kawasan Wediombo . Sarana dan prasarana kawasan obyek wisata Pantai Wediombo tersedia sangat terbatas

Kesimpulanya adalah wisata minat khusus surfing di Pantai Wediombo memiliki potensi yang  masih banyak untuk dikembangkan guna menarik wisatawan untuk berkunjung.


Kata Kunci : Potensi Wisata Minat Khusus, Wediombo, Surfing

 

×
Penulis Utama : Octavian Sandy Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9412033
Tahun : 2017
Judul : Potensi Wisata Minat Khusus Surfing di Pantai Wediombo, Gunung Kidul, Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - C9412033-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deria Adi W, SST., M.Sc
2. Umi Yuliati, S.S, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.