Penulis Utama : Ragilta Septian Putri
NIM / NIP : C0112066
×

ABSTRAK

 

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah bentuk campur kode dalam acara Hello Dangdut (HelDa) radio Wijang Songko FM Kota Kediri?  (2)  Bagaimanakah  fungsi  campur  kode  dalam  acara  Hello  Dangdut (HelDa) radio Wijang Songko FM Kota Kediri? (3) Faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya campur kode dalam acara Hello Dangdut (HelDa) radio Wijang Songko FM Kota Kediri?

Tujuan penelitian   ini   yaitu: (1) Mendeskripsikan bentuk campur kode dalam acara Hello Dangdut (HelDa) radio Wijang Songko FM Kota Kediri (2) Mendeskripsikan fungsi Campur Kode dalam  acara Hello Dangdut (HelDa) radio Wijang  Songko  FM  Kota  Kediri  (3)  Mendeskripsikan  faktor  yang melatarbelakangi terjadinya campur kode dalam acara Hello Dangdut (HelDa) radio Wijang Songko FM Kota Kediri

Jenis penelitian ini adalah    deskriptif    kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan  teknik  purposive  sampling.  Sumber    data  dalam  penelitian  ini adalah penyiar sebagai informan dan seluruh tuturan dari penyiar berupa kalimat- kalimat yang sudah ditranskrip oleh peneliti. Data dalam penelitian ini berupa data lisan yang mengandung campur kode yang sudah ditranskrip menjadi data tulis yaitu data tanggal 1 dan 14 Maret 2016. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  metode  simak  dengan  teknik  rekam  dan  teknik  catat.  Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode distribusional dan metode padan.

Berdasarkan   analisis data, disimpulkan bahwa: (1) Bentuk campur kode dalam tuturan bahasa Jawa peyiar acara Hello Dangdut (HelDa)  radio Wijang Songko FM di Kota Kediri terdapat campur kode kata bahasa Indonesia, campur kode kata bahasa Inggris, kata campur kode dalam bahasa Jawa. Campur kode frasa dalam bahasa Indonesia, campur kode frasa dalam bahasa Inggris dan  campur kode frasa dalam bahasa Arab.(2) Fungsi campur kode dalam tuturan bahasa Jawa peyiar acara Hello Dangdut (HelDa)  radio Wijang Songko FM di Kota Kediri (a) lebih mudah, (b) lebih prestice atau bergengsi, (c) maksud tertentu, (d) lebih tepat digunakan, (e) membangkitkan rasa humor. (3) Faktor yang   melatarbelakangi terjadinya campur kode dalam tuturan bahasa Jawa peyiar acara Hello Dangdut (HelDa)   radio Wijang Songko FM di Kota Kediri adalah (a) mendapatkan ungkapan yang tepat, (b) faktor kebiasaan, (c) keinginan menjelaskan maksud dan (d) keadaan sosial dari penutur itu sendiri.

 

Kata Kunci: Campur Kode. Bahasa Jawa. Radio. RWS

 

×
Penulis Utama : Ragilta Septian Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112066
Tahun : 2017
Judul : Campur Kode dalam Acara Hello Dangdut (Helda) Radio Wijang Songko Fm Kota Kediri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Satra Daerah - C0112066-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Sumarlam, M.S.
2. Drs. Sujono, M. Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.