Penulis Utama : Sarah Hudiatsani
NIM / NIP : C0512043
×

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang peranan KOSTI Solo dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya tahun 1994-2004.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: (1) Apa yang melatar belakangi munculnya taksi  Koperasi  Sopir  Transportasi  (KOSTI)  Solo  Tahun  1994.  (2) Bagaimana bentuk peranan taksi KOSTI Solo dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya tahun 1994-2004.(3) Bagaimana upaya taksi KOSTI Solo dalam meningkatkan  kesejahteraan  anggotanya  tahun  1994-2004.  Metode  penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (kritik intern dan ekstern), intepretasi penulis dan yang terakhir adalah historiografi. Sumber yang digunakan berupa dokumen resmi yang diterbitkan  oleh  Dinas  Koperasi  dan  Usaha  Kecil  Menengah  Provinsi  Jawa Tengah berupa: Akta Pendirian, Akta Perubahan Angaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga tahun 1994,1999, dan 2004, Peraturan Khusus KOSTI SoloSurat Kabar sejaman seperti: Solopos dan Radar Pos, sumber lain berupa penelitian terdahulu, artikel dan buku-buku referensi.

Berdasarkan analisis data, dapat disimpilkan latar belakang dibentuknya KOSTI Solo karena adanya tujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat seorang sopir Taksi yang sebelumnya hanya dianggap sebagai buruh agar dapat memiliki  armada  taksi  sendiri  dan  menjadi  bos  untuk  diri  mereka  sendiri. Berbagai inovasi selalu dibuat dan diterapkan untuk kesejahteraan tiap angggota dan keluarganya. Peranan  taksi KOSTI Solo dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya adalah dengan memberikan santunan kematian, santunan kecelakaan, simpanan hati tua, dan tali asih, kebijakan kurang setor, dan sistem pengoperasian yang masih memperhatikan kesehatan dan keselamatan anggota. Upaya yang telah diterapkan taksi KOSTI Solo untuk kesejahteraan anggotanya adalah dengan memberikan kesempatan yang sama bagi tiap anggota yang telah mampu dan memenuhi syarat untuk dapat memiliki armada taksi mereka sendiri.Sistem Koperasi yang berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong royong diharapkan dapat dijadikan acuan untuk KOSTI Solo agar dapat berlaku adil kepada tiap anggotanya.

Kata kunci: KOSTI Solo, Koperasi, Transportasi

 

×
Penulis Utama : Sarah Hudiatsani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512043
Tahun : 2017
Judul : Peranan Taksi Koperasi Sopir Transportasi (Kosti) Solo dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya Tahun 1994-2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Ilmu Sejarah- C0512043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M. Hum
2. Drs. Sri Agus, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.