Penulis Utama : Yasmin Artyas
NIM / NIP : C0512052
×

ABSTRAK

Penelitian sejarah Societeit de Harmonie ini memiliki tiga tujuan; pertama untuk mengetahui kapan Societeit de Harmonie di Weltevreden mulai dibangun, kedua untuk menggambarkan manajemen Societeit de Harmonie, dan ketiga untuk menggambarkan aktivitas hiburan di Societeit de Harmonie pada abad XIX.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan tahap heuristik,  yakni  pengumpulan  data  dari sumber-sumber  sejarah  sezaman  yang ditemukan di Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional. Tahap selanjutnya kritik sumber, yakni membandingkan dan mengkritik sumber sejarah untuk memperoleh data yang sahih atau valid. Kemudian interpretasi yakni tahap menganalisis data yang diperoleh   sehingga memperoleh fakta-fakta yang terjadi dalam suatu peristiwa, dan yang terakhir menuliskan laporan penelitian atau historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Societeit de Harmonie merupakan sebuah societeit yang paling terkenal di daerah koloni. Societeit de Harmonie di Weltevreden tidak hanya berupa gedung untuk hiburan saja, namun juga memiliki sebuah struktur organisasi dimana seluruh aktivitasnya telah diatur dalam sebuah peraturan dengan Gubernur Jenderal Hindia Belanda sebagai pelindungnya. Societeit de Harmonie menjadi sebuah tempat dimana banyak diselenggarakannya pertunjukkan-pertunjukkan musik, opera, dansa, hingga makan malam. Tidak sembarang orang dapat masuk ke dalam gedung tersebut. Hanya mereka yang telah terdaftar menjadi anggota tetap maupun sementara yang memiliki akses masuk ke dalam Societeit de Harmonie.
Banyaknya acara yang digelar di Harmonie seringkali diberitakan atau diiklankan di surat kabar lokal Batavia. Kebanyakan acara yang diiklankan adalah pertunjukkan orkestra beserta jadwal acara, pesta dansa dan makan malam. Dalam acara makan malam, menu yang biasanya tersaji di atas meja makan besar adala h menu makanan Barat yang didominasi oleh daging, roti, dan lainnya. Tidak ketinggalan pula tersaji berbagai macam minuman keras atau minuman beralkohol yang sudah menjadi sebuah tradisi atau budaya masyarakat Eropa.

 

Kata Kunci: Societeit Harmonie, Batavia, Hiburan

 

×
Penulis Utama : Yasmin Artyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512052
Tahun : 2017
Judul : Societeit De Harmonie:Pusat Hiburan Kaum Elit Belanda di Batavia Abad Xix
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Ilmu Sejarah- C0512052-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Warto, M.Hum,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.