Penulis Utama : Adhitya Choirul Latif
NIM / NIP : D0412004
×

ABSTRAK


Peran pemerintah dalam mendorong proses integrasi ASEAN menjadi pokok dalam penelitian ini. Peran pemerintah akan difokuskan kepada upaya internal terkait pembangunan identitas ASEAN pada masyarakat, selanjutnya akan dijabarkan peranan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah, serta kepentingan apakah yang mendasari berjalanya peran tersebut.
Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kualitatif   dengan   teknik
pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif yang terdiri dari tahap dokumentasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari analisis kepentingan nasional, identitas kolektif, dan peran diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia.
Masyarakat ASEAN menjadi titik baru dari perjalanan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara untuk menciptakan sebuah integrasi regional di kawasan. Dalam prosesnya, pembentukan masyarakat ASEAN tentunya tidak bisa dijalankan secara tersentral oleh ASEAN dimana negara-negara anggota mengemban tugas untuk menjalankan peran pembangunan komunitas ini secara  bersama.  Langkah  Indonesia  dalam  merealisasikan  peran pembangunan integrasi ASEAN selanjutnya akan dibahas sejalan dengan cita- cita ASEAN untuk membentuk sebuah organisasi yang berbasis pada masyarakat, yaitu ‘People Centered ASEAN’.

Kata Kunci: Indonesia, Masyarakat ASEAN, Identitas Kolektif, Kepentingan nasional, People Centered ASEAN.

 

×
Penulis Utama : Adhitya Choirul Latif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0412004
Tahun : 2017
Judul : Peran Indonesia dalam Mendorong Integrasi Asean Melalui Upaya Pembangunan Identitas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Hubungan Internasional- D0412004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Randhi Satria S.IP, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.