Penulis Utama : Agustina Fitria Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212006
Tahun : 2017
Judul : Pemberitaan Kebijakan Presiden dalam Menetapkan Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri pada Surat Kabar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D1212006-2017
Subyek : BERITA DAN ANALISIS ISI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Salah satu peranan media adalah sebagai sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa. Berdasarkan peranan tersebut membuat kantor media massa sebagai penyedia jasa informasi dan berita menjadi semakin tumbuh pesat dimasyarakat. Sehingga membuat setiap kantor media massa bersaing untuk mengelola pemberitaan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui isi pemberitaan kebijakan presiden dalam menetapkan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pada surat kabar Kompas periode Januari – Februari 2015.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemberitaan mengenai penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri yang terbit pada surat kabar harian Kompas terbitan Januari sampai dengan Februari 2015. Sedangkan sampelnya adalah berita tentang penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pada harian Kompas edisi 8 Januari – 23 Februari 2015. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dimana pengumpulan data dilakukan dengan jalan mengamati dan menghitung munculnya berita tentang penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pada harian Kompas edisi 8 Januari – 23 Februari 2015. Sedangkan data sekunder diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui pengumpulan studi pustaka, jurnal, dan dokumen lainnya yang mendukung data primer dalam penelitian ini.  
Hasil analisis isi yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh bahwa pemberitaan mengenai kebijakan presiden dalam menetapkan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri sebagian besar menggunakan format berita straight news yakni berita yang ditampilkan secara aktual dan lugas, judul beritanya lebih banyak ditulis secara implisit, letak beritanya paling banyak terdapat di non headline, sifat beritanya kombinasi antara informatif dan argumentatif, tipe liputannya satu sisi dan arah pemberitaannya netral.

Kata Kunci : Berita dan Analisis Isi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto, S.U.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP