Penulis Utama : Arkhan Faturahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211011
Tahun : 2016
Judul : Aktivitas Komunikasi Pemasaran Majalah Djaka Lodang dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Aktivitas Komunikasi Pemasaran Majalah Djaka Lodang Dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan di Yogyakarta Pada Tahun 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0211011-2016
Subyek : KOMUNIKASI PEMASARAN, LOYALITAS PELANGGAN, CUSTOMER RETENTION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat mengakibatkan semakin bervariasinya jenis media yang ada di masyarakat. Majalah sebagai salah satu bentuk media cetak saat ini tengah berjuang dengan gempuran perkembangan zaman. Banyak majalah yang pada akhirnya harus berhenti terbit dikarenakan sering merugi dan oplah yang semakin menurun. Djaka Lodang adalah majalah berbahasa jawa yang sampai hari ini masih bertahan dari gempuran perkembangan zaman. Keberhasilan  majalah  Djaka Lodang eksis sampai sekarang ini dikarenakan loyalitas pelanggan  mereka.
Tujuan penelitian ini ingin menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran  majalah Djaka Lodang dalam  membentuk loyalitas pelanggan dan faktor – faktor apa yang mempengaruhi loyalitas pelanggan majalah Djaka Lodang.  Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif agar dapat diperoleh hasil  yang lebih dalam, utuh (holistic) dan penuh  nilai. Berikut juga melibatkan  8 informan  diantaranya, 3 informan dari redaksi majalah Djaka Lodang yang dianggap mengerti tentang progam komunikasi pemasaran majalah Djaka Lodang, dan 5 pelanggan majalah Djaka Lodang yang sudah berlangganan majalah minimal 1 tahun untuk menjawab rumusan masalah peneliti guna mencapai validitas data melalui analisis triangulasi data.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran  majalah Djaka Lodang dengan menggunakan bauran komunikasi pemasaran seperti Advertising, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling dan Public Relation untuk menggaet target sasarannya. Personal selling merupakan bauran komunikasi pemasaran yang dominan dilakukan oleh majalah Djaka Lodang. Selain itu usaha untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terlihat dalam  progam Customer Retention  sesuai teori Philip Kotler. Dalam konteks majalah Djaka Lodang, progam tersebut terwujud dalam hal peningkatan kualitas pelayanan dan konten  majalah Djaka Lodang. Selain itu peneliti juga menemukan faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan majalah Djaka Lodang diantaranya hambatan beralih yang tinggi, citra majalah Djaka Lodang dan ekspektasi pelanggan terhadap kualitas majalah Djaka Lodang yang rendah.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan, Customer Retention

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Eko Setyanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP